Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor menggelar Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) 2013 yang merupakan rangkaian dari ulang tahun emas Dies Natalis ke-50 perguruan tinggi tersebut.

"Kegiatan Festival Buah dan Bunga Nusantara terdiri dari beragam acara yang berlangsung mulai dari 17 hingga 19 Mei," kata Agus Purwito selaku koordinator Festival Buah dan Bunga Nusantara, di Bogor, Kamis.

Agus menyebutkan, Festival Buah dan Bunga Nusantara tersebut terdiri atas pelaksanaan "Indonesia Horticulture investment and business forum" (IHIBF) yang menghadirkan berbagai narasumber dari sektor pemerintah serta swasta, perbankan yang bergerak dalam bidang bunga serta dan buah yang digelar Jumat (17/5) besok.

"Acara ini merupakan ajang untuk membahas potensi dan prospek investasi bisnis bunga dan buah nusantara," katanya.

Agus mengatakan, forum tersebut rencananya akan menghadirkan pembicara kunci yakni Menteri BUMN Dahlan Iskan, sekaligus ditandai dibukanya Festival Buah dan Bunga Nusantara 2013.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, dalam acara yang digelar Jumat besok akan diluncurkan buku "Revolusi Oranye" yang berisikan program nasional pengembangan buah dan bungan nusantara.

Rangkaian acara FBBN 2013 juga diisi dengan pawai, karnaval, dan deklarasi ikrar " Cinta Buah dan Bunga Nusantara" yang akan diikutinoleh 5.000 peserta dan diramaikan lebih dari 20 mobil hias mengelilingi Kebun Raya Bogor.

"Pawai ini akan berlangsung pada tanggal 19 Mei, yang merupakan puncak dari gelar cinta buah dan bunga nusantara," katanya.

Selain pawai, acara FBBN 2013 juga diisi dengan festival, ekspo dan bursa yang diselenggarakan selama tiga hari mulai dari 17 hingga 19 Mei bertempat di Kampus IPB Baranangsiang.

"Festival, ekspo dan bursa ini menjadi sarana bagi masyarakat umum untuk memperoleh informasi visual mengenai potensi dan institusi yang dapat mendukung pengembangan buah dan bunga nusantara," ujarnya.

Agus menambahkan, kemeriahan FBBN 2013 akan diadakan berbagai lomba bagi anak-anak dan masyarakat umum. Selain itu juga digelar pertunjukan seni dan budaya dalam memeriahkan acara dan menanam rasa cinta buah dan bunga nusantara kepada berbagai negerasi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013