Asuransi Bapak Sogimin akan di proses secepat mungkin oleh Kemenag. Sementara itu untuk tas tentengan jamaah haji tersebut sebelumnya sudah diserahkan kepada Kemenang Kabupaten Bengkalis
Pekanbaru (ANTARA) - Seorang haji asal Bengkalis, Riau, yang hingga selesai haji dirawat di Rumah Sakit Saudi German, Mekkah, Sogimin bin Bomin Karto Sumitro dari Kloter 10 Batam (BTH) meninggal dunia pada Jumat (29/9) 2023 pukul 10.00 waktu setempat setelah menjalani perawatan selama 32 hari. 

"Saya atas nama pribadi maupun Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau dan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Debarkasi Riau turut berduka cita atas meninggalnya Sogimin Bin Bomin Karto Sumitro," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau, H Mahyudin, dalam keterangannya persnya di Pekanbaru, Senin.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Riau, Syahrudin, menambahkan Sogimin bin Bomin Karto Sumitro dirawat karena sakit bawaan dan gangguan pernapasan.

Baca juga: Delapan peserta haji dipulangkan ke Indonesia pasca operasional haji

Untuk itu, kata Pengelola dokumen haji Provinsi Riau Nik Yusriansyah, pihaknya akan segera melakukan proses pembayaran asuransi untuk jemaah yang wafat di Arab Saudi itu.

"Asuransi Bapak Sogimin akan di proses secepat mungkin oleh Kemenag. Sementara itu untuk tas tentengan jamaah haji tersebut sebelumnya sudah diserahkan kepada Kemenang Kabupaten Bengkalis, maka keluarga dapat mengambil di Kantor Kemenag Bengkalis," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, saat ini yang ditunggu keluarga jamaah haji yang meninggal pada musim haji 1444 Hijriah itu pembayaran premi asuransi saja.

Almarhum Sogimin Bin Bomin Karto Sumitro  tergabung dalam Kloter BTH - 10 berasal dari Kabupaten Bengkalis dirawat di Arab Saudi sejak jadwal kepulangan ke Tanah Air pada 8 Juli 2023. Almarhum beralamat di Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan - Bengkalis. 

Baca juga: Kecapean, seorang haji asal Jakarta wafat di perjalanan ke Tanah Air
Baca juga: Wakil Ketua MPR ucapkan belasungkawa kepada jamaah yang wafat

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023