Investor tengah menunggu data aktivitas manufaktur zona euro yang dijadwalkan dirilis pada pukul 08.00 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham di Eropa mengawali kuartal akhir 2023 dengan sedikit kenaikan pada Senin di tengah Amerika Serikat saat Amerika Serikat menghindari penutupan pemerintahan federal.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,4 persen pada pukul 07.17 GMT, usai mengakhiri kuartal III 2,5 persen lebih rendah pada Jumat (29/3).

Sementara itu, investor fokus pada data aktivitas pabrik guna mendapatkan petunjuk terkait kesehatan bisnis zona euro.

Di sisi lain, Wall Street berjangka naik setelah Kongres AS meloloskan rancangan undang-undang pendanaan sementara pada Sabtu malam, menghindari penutupan sebagian pemerintahan federal yang keempat dalam satu dekade terakhir.

Investor tengah menunggu data aktivitas manufaktur zona euro yang dijadwalkan dirilis pada pukul 08.00 GMT. Indeks manajer pembelian (PMI) HCOB, yang disusun oleh S&P Global, terlihat pada posisi 43,4 pada September, level yang sama seperti yang ditunjukkan pada pembacaan awal.

Di antara saham individu, Vivendi meningkat 3,3 persen setelah Barclays melakukan peningkatan pada perusahaan media Prancis itu menjadi "overweight".

BAE Systems naik 2,1 persen setelah Inggris memberikan kontrak senilai 4 miliar pound atau 4,89 miliar dolar AS kepada perusahaan pertahanan tersebut sebagai bagian dari program AUKUS dengan Australia dan AS untuk membangun kapal selam serang, demikian Reuters.

Baca juga: Saham di Eropa dibuka lebih tinggi jelang data inflasi zona euro
Baca juga: Pasar saham Eropa dibuka naik tipis ditopang sektor energi

Penerjemah: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023