Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) menunjukkan keterlibatan dan komitmen Indonesia dalam mewujudkan permukiman dan perkotaan yang layak huni dan berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
mengungkapkan peringatan Hari Habitat Dunia - Hari Kota Dunia menunjukkan keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

"Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) menunjukkan keterlibatan dan komitmen Indonesia dalam mewujudkan permukiman dan perkotaan yang layak huni dan berkelanjutan," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dalam acara Hari Habitat Dunia - Hari Kota Dunia 2023 di Jakarta, Senin.

Diana mengatakan, kawasan perkotaan memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, sehingga masa depan banyak negara akan ditentukan oleh produktivitas wilayah perkotaan.

"Kota adalah mesin yang menciptakan nilai yang mendorong pemulihan ekonomi," katanya.

Agar pertumbuhan dan pemulihan ekonomi ini dapat berkelanjutan, maka diperlukan kota-kota yang dapat menyerap, memulihkan, dan bersiap menghadapi guncangan ekonomi di masa depan.

"Sangat penting bahwa upaya ini juga perlu dikemas di bawah green recovery framework dalam menarik investasi swasta dan publik untuk membiayai transisi menuju perekonomian yang netral iklim," kata Diana.

Hal ini dikarenakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, terdapat keterbatasan APBN dalam pembiayaan infrastruktur yang menyebabkan kesenjangan pembiayaan (funding gap).

Dengan demikian diperlukan alternatif pendanaan. Salah satunya adalah Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang memiliki potensi revenue yang besar dan cepat pelaksanaannya khususnya untuk proyek besar.

Demikian halnya dengan pembangunan infrastruktur di skala nasional, lanjutnya, tata kelola kolaboratif perlu diusung dalam berbagai penyediaan infrastruktur serta memastikan keberlanjutan pemanfaatannya.

Peringatan Urban October dilaksanakan setiap tahun yang dimulai dengan Hari Habitat Dunia pada hari Senin pertama Oktober, pada 2 Oktober, dan diakhiri dengan Hari Kota Dunia pada 31 Oktober.

Baca juga: PUPR: Padat Karya Permukiman serap 51.891 tenaga kerja per September

Baca juga: Kementerian PUPR targetkan proyek SPAM Jatiluhur I selesai tahun depan

Baca juga: PUPR targetkan inpres perbaikan jalan daerah fase I rampung akhir 2023

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023