Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di lima kantor induk DKI Jakarta hingga Sabtu untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki waktu membayar pajak kendaraan di hari kerja.
 
"Kini masyarakat DKI Jakarta tak perlu khawatir lagi jika akan membayar pajak kendaraan bermotor pada libur akhir pekan," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Lusiana Herawati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.
 
Lusiana menyebutkan, pelayanan hari tambahan itu untuk memberikan pelayanan perpajakan daerah yang maksimal khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) warga DKI Jakarta.
 
Apalagi, banyak warga DKI Jakarta yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan untuk melakukan administrasi atau membayar pajak kendaraannya ke kantor Samsat. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menambah pelayanan hingga Sabtu.

Kebijakan ini berlaku mulai Oktober 2023 sampai dengan Desember 2023. Namun, tambahan layanan Samsat pada hari Sabtu ini dibuka secara terbatas dan hanya berlaku di kantor Samsat induk yang tersebar di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta.
 
Pada Senin sampai Jumat dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Sementara pada Sabtu, layanan Samsat dibuka sejak pukul 08.00 WIB 12.00 WIB.
 
"Diharapkan dengan bertambahnya jumlah hari layanan Samsat DKI Jakarta ini, masyarakat leluasa dan mudah membayar kewajiban pajak kendaraan bermotornya," ujar Lusiana.
Baca juga: Pajak kendaraan bermotor di Jaktim sudah capai 67 persen dari target
Baca juga: Pemprov DKI selenggarakan pemutihan pajak kendaraan sampai akhir tahun

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023