Jakarta (ANTARA) - Jika anda seorang profesional atau penyuka fesyen, tentu memakai sepatu bertumit tinggi menjadi hal yang biasa. Kendati demikian tidak jarang kaki menjadi nyeri, pegal juga sakit, seusai atau bahkan saat mengenakan sepatu bertumit tinggi.

Berikut adalah kiat-kiat yang dapat membantu meredam rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkanya, seperti dilaporkan dari laman Livestrong, Minggu (1/10) oleh ahli penyakit kaki dr. Mark Mendeszoon.
 
1. Regangkan tendon Achilles
 
Tendon Achilles terletak di dari tulang tumit ke otot betis. Tendon Achilles yang tegang adalah penyebab utama kondisi kaki dan pergelangan kaki nontraumatic yang berlebihan, termasuk neuroma, plantar fasciitis, tendonitis, dan patah tulang karena stres, kata Dr. Mendeszoon.
Lakukan peregangan dengan berbagai cara, seperti membungkus handuk pada salah satu kaki lalu tarik ke arah tubuh selama 30 detik. Ulangi di kaki satunya 10-15 kali pada setiap kaki.
 
Cara lainnya Anda bisa berdiri beberapa meter dari dinding. Letakkan kedua tangan di dinding. Mundur dengan kaki kiri dan tekuk sedikit lutut kanan. Anda akan merasakan regangan pada tendon Achilles kiri Anda. Tahan selama 30 detik, lalu ganti sisi. Ulangi 10 hingga 15 kali pada setiap kaki.
 
Anda juga bisa lakukan peregangan di tepi anak tangga, lalu turunkan tumit ke bawah dan tahan 30 detik sambil berpegangan untuk keseimbangan.
 
2. Lakukan mobilisasi kaki
 
“Latihan mobilisasi kaki ini menghilangkan kekakuan, mengembalikan elastisitas tendon dan meningkatkan fleksibilitas,” kata Dr. Mendeszoon.
 
Lakukan dengan mengambil mainan di lantai dengan jari kaki lalu pindahkan ke mangkuk, ulangi 20-30 kali masing-masing kaki.
 
3. Pijat kaki
 
Dr. Mendeszoon mengatakan pijat meningkatkan aliran darah dan memobilisasi cairan sinovial di sendi dan tendon. Ini mengurangi pembengkakan dan mengendurkan otot-otot Anda.
 
Luangkan 10 hingga 15 menit sehari untuk memijat kaki dengan cara menggosok lengkungan kaki dengan jari, atau lakukan foot roll dengan alat roller atau botol berisi air.
 
4. Gunakan sepatu datar di rumah
 
Menggunakan sepatu hak tinggi setiap hari, tubuh Anda akan beradaptasi untuk berjalan dengan sepatu hak tinggi dan memakai sepatu datar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada lutut atau pinggul Anda.
 
Untuk mengimbangi adaptasi yang tidak sehat ini, gantilah sepatu kets atau sepatu flat yang mendukung kapan pun Anda berada di rumah.
 
“Menurunkan tumit mungkin bisa mengurangi kerusakan, Ini memungkinkan serat Achilles meregang dan mengembalikan fungsi serta elastisitas tarik yang tepat," ucapnya.

Baca juga: Tips memakai sepatu hak tinggi agar bebas dari varises

Baca juga: Hati-hati, varises mengintai "kaum rebahan"

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023