Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Selasa (3/10) pagi waktu setempat mengeluarkan peringatan kuning, untuk Topan Koinu setelah memperkirakan bahwa topan ke-14 tahun 2023 tersebut akan membawa angin kencang ke wilayah selatan dan timur China.

Peringatan kuning merupakan paling parah ketiga dalam sistem peringatan topan negara itu yang terdiri dari empat tingkatan,

Pusat Meteorologi Nasional China menyebutkan bahwa Topan Koinu, yang teramati pada 20,2 derajat lintang utara dan 125,2 derajat bujur timur pada Selasa pukul 05.00 waktu setempat, diperkirakan akan bergerak ke barat laut dengan kecepatan 10 hingga 15 km per jam.

Topan itu akan mendarat di suatu titik di sepanjang wilayah pesisir di sekitar bagian selatan Pulau Taiwan di China, atau mungkin melewati Pulau Taiwan tanpa mendarat dan bergerak ke barat dengan intensitas yang secara bertahap menurun dari Rabu (4/10) malam hingga Kamis (5/10) pagi.

Pusat meteorologi tersebut mendesak otoritas setempat agar menyiapkan langkah-langkah tanggap darurat topan serta tetap waspada terhadap kemungkinan banjir dan bencana geologis.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023