Saatnya untuk terus konsisten menciptakan produk dan layanan yang berkualitas
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina berharap para pemenang Floratama Academy 2023 menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas untuk pasar Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Saatnya untuk terus konsisten menciptakan produk dan layanan yang berkualitas," ucap Shana di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa.

Floratama Academy 2023 merupakan program inkubasi pelaku UMKM berbentuk pelatihan, peningkatan kapasitas dan pendampingan pada 17 bidang pariwisata dan 13 bidang ekonomi kreatif di Flores, Alor, Lembata.dan Bima (Floratama).

Program ini bertujuan menciptakan ekosistem pelatihan bisnis yang berdaya saing dan berkelanjutan untuk membangun bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif dengan konteks lokal.

Setelah melalui beberapa tahapan, BPOLBF telah memilih tiga terbaik Floratama Academy 2023.

Baca juga: BPOLBF perkuat kapasitas pemandu geowisata di Labuan Bajo

Baca juga: Bupati Manggarai Barat tekankan keterlibatan masyarakat untuk Parapuar


Dari kategori Seed atau usaha tahap awal, ada Delawa Coffee yang merupakan produk usaha kopi di Ruteng, Manggarai.

Selanjutnya dari kategori Community Based atau usaha berbasis desa dan komunitas terdapat TaTe KinD Art yang merupakan sanggar seni pertunjukan di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Terakhir dari kategori Community Based juga ada Ine Lawo yang merupakan sebuah brand aksesori tenun ikat dari Kabupaten Ende.

Shana mengatakan Floratama Academy menjadi salah satu bagian dari ekosistem creativ hub Floratama yakni ekosistem pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di 11 kabupaten koordinatif BPOLBF.

Nantinya baik para pemenang Floratama Academy 2023 maupun pengusaha lain yang sempat mengikuti program itu juga mendapatkan program lanjutan yakni mentoring sektoral agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik dan luas.

BPOLBF juga terus berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia unggul dan tangguh untuk pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan berkelas dunia lewat berbagai program.

"Mudah-mudahan sudah siap menyambut wisatawan," kata Shana.

Baca juga: BPOLBF majukan Parapuar Labuan Bajo jadi kawasan wisata terpadu

Baca juga: BPOLBF perkuat tata kelola kampung wisata Pajoreja di Nagekeo Flores

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023