...karena generasi muda itu, kamu, sangat dibutuhkan loh, kamu mesti adaptif, produktif, dan tidak boleh menyerah karena tantangannya makin luar biasa
Bandung (ANTARA) - Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pentingnya bagi mahasiswa memupuk serta memiliki semangat produktif dan sikap anti korupsi dalam menghadapi tantangan global dewasa ini, yang diprediksi tidak akan mudah.

"Mahasiswa harus kreatif, pintar, produktif, dan juga menjadi generasi anti korupsi. Yang ini menurut saya, adalah hal yang paling penting untuk kita dorong," ucap Ganjar Pranowo dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pasundan (Unpas) tahun akademik 2023/2024 di Bandung, Selasa.

Dalam menghadapi tantangan global dewasa ini, kata mantan Gubernur Jawa Tengah ini, mahasiswa juga dituntut untuk melatih soft skill karena dunia kerja sangat dipengaruhi oleh hal itu.

"Dunia digital itu untuk kebutuhan pangan, energi, pendidikan, kesehatan, termasuk lingkungan, sangat mempengaruhi saat mereka mahasiswa lulus nanti," ucap Ganjar Pranowo.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Mahasiswa harus siap dengan perubahan zaman

Karena itu ia mengharapkan para mahasiswa baru ataupun yang sudah beberapa semester untuk belajar lebih serius meningkatkan kolaborasi dengan menggunakan kemampuannya serta menguasai teknologi.

"Jadi pengetahuannya dapat, keterampilannya dapat, kecerdasan emosionalnya akan terasah dengan baik, karena generasi muda itu, kamu, sangat dibutuhkan loh, kamu mesti adaptif, produktif, dan tidak boleh menyerah karena tantangannya makin luar biasa," tutur Ganjar Pranowo.

Dalam acara bertema "Ngawarung Bandung Sareng Kang Ganjar: Neang Luang Mangsa Nu Bakal Datang" (Ngobrol Masa Depan Bersama Ganjar Pranowo), Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf alam sambutannya mengharapkan para mahasiswa untuk giat berusaha dalam menggapai cita-cita.

"Kami semua mengharapkan saudara-saudara mahasiswa baru untuk dapat lulus dalam waktu empat tahun, atau jika bisa, kurang dari waktu tersebut, demi cita-cita yang didambakan," ucapnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo bertemu ratusan mahasiswa di Graha Pena98

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023