Hangzhou (ANTARA) - Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) menskors pelari jarak jauh Arab Saudi, Mohammed Yousef Al-Asiri, dari ajang Asian Games ke-19 di Hangzhou, China.

"Yousef Al-Asiri, yang tadinya akan tampil dalam nomor lari 10.000 meter putra dan 5.000 meter putra, telah menjalani hasil tes positif untuk zat terlarang darbepoetin (dEPO)," demikian bunyi pernyataan OCA pada Selasa (3/10).

Atlet Arab Saudi tersebut telah memberikan sampel selama pemeriksaan antidoping di luar kompetisi yang dilakukan pada 26 September oleh International Testing Agency (ITA) di Asian Games Hangzhou.

"Atlet tersebut telah diberitahu mengenai kasus ini dan telah menerima skors yang langsung berlaku. Dia memiliki hak untuk meminta analisis sampel B," tambah OCA.

Masalah ini kemudian akan dirujuk ke Divisi Antidoping Pengadilan Arbitrase Olahraga (Anti-Doping Division of the Court of Arbitration for Sport/CAS ADD) untuk diadili di bawah peraturan antidoping OCA.

Yousef Al-Asiri (34) tidak ikut serta dalam final lari 10.000 meter putra pada 30 September. Dia seharusnya juga akan maju dalam final 5.000 meter putra yang dijadwalkan pada Rabu (4/10).

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023