I-SIM for Regency ini menjadi penting sebagai wadah pengungkapan data dan aksi untuk mengukur capaian SDGs masing-masing kabupaten di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Surveyor Indonesia (PTSI) meluncurkan program Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Regency sebagai salah satu langkah untuk menyasar target Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030.

"I-SIM for Regency ini menjadi penting sebagai wadah pengungkapan data dan aksi untuk mengukur capaian SDGs masing-masing kabupaten di Indonesia," kata Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Haris Witjaksono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

I-SIM merupakan program inisiatif berskema rating & awarding untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi multi-stakeholders ekosistem SDGs Indonesia di tingkat kabupaten.

Surveyor Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian PPN/Bappenas dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD).

Program I-SIM for Regencies 2023 tercatat diikuti oleh 103 Kabupaten di Indonesia. Saat ini, program telah memasuki tahap verifikasi dan validasi data 157 indikator I-SIM, yang merupakan hasil kolaborasi multipihak antara mitra pembangunan dan mitra pengarah yang berasal dari pemerintah, asosiasi pemda, akademisi, lembaga riset, swasta, dan NGO.

"Verifikasi dan validasi langsung dapat menjadi wadah bagi kabupaten dalam upaya mengungkapkan data pencapaian SDGs (disclosure), dampak (impact), dan komitmen kepemimpinan dalam akselerasi pencapaian SDGs," ujar Ketua Verifikator I-SIM Muhrina A S Hasibuan.

Setelah penilaian rampung, penganugerahan bertajuk SDG Annual Conference 2023 dijadwalkan pada November 2023.

Lebih lanjut, hasil I-SIM Report dapat menjadi acuan dan rekomendasi dalam penyusunan rencana strategis daerah (RAD). Dalam pelaksanaannya, program tersebut juga menjadi wadah saling belajar dan berbagi pengalaman antar kabupaten mengenai upaya pencapaian program SDGs pada 2030.

"Selain itu, program ini akan merekognisi dan memberikan apresiasi daerah terhadap reputasi keberlanjutan," tambah Haris.

Program I-SIM for Regency merupakan program kedua PTSI setelah I-SIM for Cities. Program itu selaras dengan Perpres 111 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pasal 3 yang mengamanatkan sasaran TPB nasional tahun 2024 digunakan sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi RAD TPB bersama dengan kementerian terkait.

Baca juga: Surveyor Indonesia perkuat SDM guna tingkatkan ekonomi nasional
Baca juga: Surveyor Indonesia: PMU Sertifikasi mitra dalam menjamin produk halal
Baca juga: BUMN Surveyor Indonesia membagikan hewan kurban ke masyarakat dhuafa


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023