Karena sebelumnya kopi dari Ambaidiru ini juga pernah dibawa ke Jerman.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Yapen, Papua merasa bangga kopi Ambaidiru yang berasal dari Pulau Yapen masuk dalam pameran di Kota Milan, Italia, 6-7 Oktober 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Erny Renny Tania dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan mengikuti pemeran tersebut maka kopi asal Papua khususnya dari Ambaidiru akan lebih dikenal di luar negeri.

"Karena sebelumnya kopi dari Ambaidiru ini juga pernah dibawa ke Jerman," katanya lagi.

Menurut Tania, pihaknya memberikan apresiasi kepada tim meja kopi yang turut serta memboyong kopi Ambaidiru hingga bisa masuk ke pameran di Kota Milan.

Pihaknya berharap ke depan nama kopi Ambaidiru semakin dikenal oleh semua kalangan masyarakat di seluruh Tanah Papua, juga Indonesia bahkan luar negeri.

Dia menambahkan akan terus mendorong petani kopi di daerah itu untuk mengembangkan usaha pertanian dengan membuka lahan baru bagi para petani.

"Karena kopi merupakan salah satu komoditas utama di Kepulauan Yapen, sehingga kami akan terus mendorong pengembangan kopi Ambaidiru," ujarnya.

Head Roaster pada Meja Kopi Jayapura Gasper menilai kopi Papua layak tampil di berbagai ajang yang penting baik di Indonesia maupun mancanegara.

"Kami yakin kopi Papua mampu eksis di kancah nasional maupun internasional dan sudah saatnya kopi Papua masuk dan hadir pada ajang bergengsi seperti di Kota Milan," katanya lagi.

Selain kopi Ambaidiru, ada beberapa kopi dari Papua Pegunungan turut hadir dalam pameran Kota Milan, Italia.
Baca juga: Cara Rivaldi promosikan kopi Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023