Tanpa kalian (arkeolog), kita gak bisa ngapa-ngapain. Kita gak bisa biarkan arkeolog habis setelah kalian pensiun. Oleh karena itu kita dorong pembukaan prodi arkeologi, kalau perlu di semua PTN BH
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia untuk membuka program studi (prodi) arkeologi.

"PTN dengan prodi arkeologi saat ini baru ada enam. Kita ingin mendorong mereka untuk membantu membuka jurusan arkeologi di kampus lain, khususnya PTN-BH (Berbadan Hukum)," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara Peringatan 20 Tahun Penemuan Homo Floresiensis yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Laksana mengatakan BRIN optimistis dalam mendorong sejumlah PTN untuk membuka prodi arkeologi yang kerap dikonotasikan sebagai prodi sepi peminat.

BRIN, kata dia, telah menyiapkan wadah untuk para lulusan prodi arkeologi dengan membuka sejumlah situs penelitian baru seperti Situs Daerah Aliran Sungai (DAS) Lematang di Bumiayu, Jawa Tengah, serta Situs Bongal di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

"Jadi mereka gak perlu bingung, tinggal ikut saja. Cost nya memang tinggi untuk bikin ekskavasi, kami sudah ada, mereka tinggal nimbrung," ujarnya.

Laksana menambahkan pihaknya memiliki suatu mekanisme khusus kepada para arkeolog dan kampus untuk dapat bekerja dan melakukan riset dengan dukungan peralatan dan anggaran yang berkesinambungan.

Baca juga: Penting pelajari sejarah untuk perbaiki hubungan manusia dengan alam

Melihat berbagai upaya yang akan dilakukan BRIN dalam mendorong PTN untuk membuka prodi arkeologi, dia menilai prodi tersebut dapat menjadi primadona pada masa depan.

Dia menjelaskan para lulusan prodi arkeologi nantinya akan dilebur dalam berbagai proyek ekskavasi, bersama dengan sekitar 150 arkeolog yang lebih senior.

"Direncanakan dua tim, nanti kalau membesar, mahasiswanya juga sudah pintar, maka tim inti bisa dipecah lagi. Bikin kawasan baru di Makassar misalnya, atau di tempat lain," ungkapnya.

Upaya ini, kata Laksana, penting dilakukan untuk melestarikan arkeolog Indonesia, sekaligus dapat menjadi sebuah warisan dari generasi arkeolog yang terdahulu.

"Tanpa kalian (arkeolog), kita gak bisa ngapa-ngapain. Kita gak bisa biarkan arkeolog habis setelah kalian pensiun. Oleh karena itu kita dorong pembukaan prodi arkeologi, kalau perlu di semua PTN-BH," tutur Laksana Tri Handoko.

Untuk diketahui, keenam PTN yang memiliki prodi arkeologi adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Udayana Bali, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Indonesia, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, serta Universitas Jambi.

Baca juga: Puluhan ribu wisatawan kunjungi Taman Arkeologi Onrust sepanjang 2022
Baca juga: Pemerintah Hila di Maluku minta arkeolog teliti Al Quran tertua


 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023