Batam (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mencanangkan zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tiga provinsi yaitu Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto di Batam, Rabu mengatakan melalui program yang disebut dengan One Local Government One Zona Integritas (OLGOZI), merupakan salah satu strategi percepatan pembangunan ZI di tingkat pemerintah daerah.   

Ia menambahkan program OLGOZI menargetkan agar setiap pemerintah daerah memiliki unit kerja strategis yang mendapat predikat WBK/WBBM.

"Ini (ZI) adalah miniaturnya dan kita mempercepat agar unit-unit yang menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan publik bisa berubah," kata Erwan usai melaksanakan Pencanangan Serentak ZI menuju WBK/WBBM melalui program OLGOZI.

Ia menyampaikan dengan adanya program tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu solusi konkret untuk mendorong pemerintah daerah dalam membangun ZI dan mengawalnya hingga unit-unit kerja strategis di pemda menjadi unit kerja yang bersih dan akuntabel, serta memiliki pelayanan publik yang prima.

"Oleh karena itu kita tahu pelayanan yang dasar itu dari pemda. Maka tahun ini kita dorong pemda-pemda yang jumlahnya masih terbatas kita intensifkan lewat program yang kita sebut OLGOZI," kata Erwan.

Erwan menjelaskan program tersebut juga akan mendorong percepatan pencapaian sasaran reformasi birokrasi yang merata dan dapat dirasakan dampaknya secara langsung dan nyata oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

"Jadi kita harap dengan OLGOZI paling tidak kabupaten/kota yang tadi jumlahnya kita canangkan hari ini ada 48 kabupaten/kota itu, minimal punya 1 unit yang berpredikat WBK/WBBM," ujar dia.

Baca juga: Menpan RB: Reformulasi seleksi PPPK bentuk afirmasi kepada honorer

Baca juga: Tim KemenPAN-RB verifikasi lapangan pembangunan ZI di dua Lapas Madiun

Baca juga: Zona Integritas cegah gratifikasi dan korupsi di lingkungan kampus


 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023