Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta bantuan TNI dan Polri untuk menelusuri sumber utama tumpukan sampah di Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kabupaten Sukabumi.

Pasalnya, kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, tumpukan sampah di Pantai Cibutun selalu muncul, meski sudah dibersihkan berkali-kali.  

"Terakhir dikomandoi oleh Pak Dandim, dari bulan Juni sampai Juli, (sampah Pantai Cibutun) dibersihkan, sekarang sudah ada lagi setinggi ini. Saya minta ke Pak Kapolres dibantu TNI juga untuk mulai dilakukan penelusuran di mana ini masalah utamanya," kata Bey dalam kunjungannya ke lokasi, Rabu.

Permintaan itu juga diungkapkan oleh Bey, karena dalam tinjauannya untuk melihat kondisi dan kegiatan pembersihan, diketahui bahwa sampah yang berada di Pantai Cibutun, rata-rata adalah sampah anorganik seperti kain.

"Setelah melihat ternyata hampir semuanya anorganik. Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kades juga, membenarkan bahwa ini adalah semacam limbah kain, limbah garmen, dan semuanya sejenis," ucap Bey.

Penelusuran ini penting, kata Bey, karena segala kemungkinan bisa terjadi dalam masalah ini, mulai dari kesadaran masyarakat dalam membuang limbah sangat rendah dan ingin gampang dengan membuang ke sungai atau ke laut, tapi bisa juga secara skala industri.

"Saya minta ke Pak Kapolres dibantu TNI juga untuk mulai dilakukan penelusuran di mana ini masalah utamanya. Apakah dari limbah industri, atau juga jangan-jangan ada sebuah kapal yang memang khusus membuang limbah, karena sejenis semua," ucapnya.

Selain itu, Bey juga meminta semua pihak untuk turut memperkuat tata kelola sampah, salah satu upayanya dapat dilakukan pada tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah.

"Saya minta tadi, jangan hanya kita bersihkan, tapi dari hulunya kita mulai seperti apa," ucap Bey.

Terkait dengan kelompok Pandawara yang diancam somasi dan dibawa ke jalur hukum karena unggahan di media sosial mereka untuk mengajak pembersihan pantai tersebut yang dianggap menyinggung karena menyematkan kata-kata pantai terkotor keempat dunia, Bey mengatakan semua pihak untuk duduk bersama karena satu tujuan.

"Versi kepala desa mereka sudah membersihkan tapi ada kiriman sampah lagi saya terima fotonya habis pembersihan itu, bersih. Sementara Pandawara ini kan ingin membersihkan, itu baik mengingatkan pada sampah segala macam. Intinya keduanya baik untuk kebersihan tinggal komunikasikan dusuk bersama," ujarnya.

Terkait dengan terus terjadinya timbulan sampah di pantai tersebut atau di tempat lainnya, Bey juga meminta masyarakat untuk proaktif dalam mencegah dan menangani sampah, karena permasalahan sampah dapat diselesaikan dengan kolaborasi dan kerja sama semua pihak.

"Harus diperhatikan lagi lingkungan, dan yang penting itu pencegahannya seperti apa," ujarnya.

Baca juga: Jabar hentikan status darurat kebakaran TPA Sarimukti

Baca juga: Petugas gabungan Sukabumi edukasi tidak buang sampah di pantai

Baca juga: Pemkab berupaya kembalikan Pantai Talanca sebagai tempat selancar


 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023