Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa Rusia akan selalu bersama warga Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson yang sudah memperlihatkan keinginan untuk bergabung ke Rusia.

“Bagaimana Rusia bisa mengkhianati orang-orang yang telah menunjukkan keinginannya untuk menjadi bagian dari negara kami (Rusia)?” kata Vorobieva dalam arahan singkat pers di Jakarta, Rabu.

Vorobieva menyatakan bahwa warga di keempat kota tersebut tidak ingin menjadi bagian dari Ukraina, dan menyebutkan bahwa Ukraina telah menindas mereka selama bertahun-tahun.

“Mereka adalah bagian dari Rusia, mereka adalah orang Rusia, mereka adalah warga negara Rusia, dan mereka dengan senang hati dan yakin untuk memilih pada pemilu ini, mereka tidak ingin kembali ke Ukraina. Kami tidak bisa mengkhianati orang-orang yang mempercayai negara kami,” katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, editor senior dari Russia Beyond edisi Indonesia, Fauzan Al-Rasyid, menyampaikan pengalamannya saat berkunjung ke Donetsk pada 8-10 September 2023.

Editor Senior Russia Beyond edisi Indonesia Fauzan Al-Rasyid menyampaikan pengalamannya mengunjungi Donetsk dalam arahan singkat pers di Kedubes Rusia di Jakarta, Rabu (4/10/2023). (ANTARA/Cindy Frishanti)

Kunjungan ke Donetsk

Fauzan mengatakan bahwa dia diundang oleh Kamar Sipil Federasi Rusia (Civic Chamber of the Russian Federation) untuk berkunjung ke Donetsk untuk mengamati pelaksanaan pemilihan legislatif di kota tersebut.

“Ada 34 orang (yang diundang), termasuk dari Barat juga, ada dari Amerika, Prancis, Jerman, dan ada dari Belanda. Latar belakang mereka adalah media atau jurnalis,” kata Fauzan.

Fauzan menyebutkan, selama mereka di sana, media Rusia juga melakukan liputan. “Jadi sebetulnya tidak ada yang ditutup-tutupi,” tambahnya.

Menurut Fauzan, media asing juga berbicara dengan warga lokal dan menanyakan apakah mereka memang benar ingin bergabung dengan Rusia.

“Semua jawab ‘ini semua yang kami inginkan, kami memang ingin bergabung dengan Rusia’. Itu adalah pendapat dari tiap warga yang kami tanya,” jelas Fauzan, dan menambahkan bahwa mereka diperbolehkan bebas bertanya pada siapa saja.

Otoritas Rusia mengadakan pemilu di Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson dalam waktu bersamaan dengan pemilu di Rusia, yaitu pada 8-10 September 2023.

Baca juga: Rusia ratifikasi aksesi Donetsk, Lugansk, Zaporizhzhia, dan Kherson
Baca juga: RIA: Hasil vote 4 wilayah Ukraina, lebih 96 persen ingin gabung Rusia


Suasana pemilu di kota Donetsk. Otoritas Rusia mengadakan pemilu secara bersamaan di Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson pada 8-10 September 2023. Editor Senior Russia Beyond Fauzan Al-Rasyid diundang oleh Civic Chamber of the Russian Federation untuk mengamati pelaksanaan pemilu di Donetsk. (ANTARA/HO-Fauzan Al-Rasyid)
 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023