Taiyuan (ANTARA) - Shanxi, sebuah provinsi yang kaya dengan batu bara di China, mengekstraksi 7,16 miliar meter kubik gas alam batu bara (coalbed methane) dalam delapan bulan pertama 2023 sehin gga menjadi rekor tertinggi untuk periode Januari-Agustus, ungkap biro statistik provinsi tersebut.

Prodiksi gas alam batu bara di Shanxi menyumbang sekitar 81,8 persen dari total gas alam batu bara di China dalam delapan bulan pertama tahun ini.

Pemanfaatan gas alam batu bara, yang merupakan produk sampingan batu bara, dapat mengurangi risiko pertambangan, memangkas emisi gas rumah kaca, dan mengatasi kekurangan gas.

Shanxi merupakan salah satu dari beberapa daerah di China yang memiliki sumber daya gas alam batu bara nan melimpah. Sekitar sepertiga dari perkiraan cadangan gas alam batu bara di China terdapat di provinsi ini. Per akhir 2022, cadangan gas alam batu bara yang terbukti di provinsi ini telah melampaui 760 miliar meter kubik.

Shanxi telah menguji coba sebuah model pengelolaan gas tambang batu bara yang mendahulukan penambangan gas sebelum penambangan batu bara serta mengintegrasikan penambangan gas dan batu bara, sehingga menghasilkan model baru untuk produksi yang aman di tambang batu bara China yang berkonsentrasi gas tinggi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023