Beijing (ANTARA) - China masih terapkan peringatan kuning untuk Topan Koinu.  Dalam sebuah prakiraan pada Rabu pagi waktu setempat, Pusat Meteorologi Nasional China mengatakan bahwa intensitas Topan Koinu telah melemah dari topan super menjadi topan berat pada Selasa (3/10) malam.

Angin kencang dan hujan badai diperkirakan akan menghantam wilayah tenggara China.

Topan Koinu, yang teramati di 22,0 derajat lintang utara dan 124,0 derajat bujur timur pada Rabu pukul 05.00 waktu setempat, diperkirakan akan bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 10 hingga 15 kilometer per jam dan secara bertahap bergerak makin dekat ke daerah pesisir selatan Pulau Taiwan, China, ungkap pusat meteorologi itu.

Akibat dampak topan tersebut, bagian tengah dan timur Taiwan diperkirakan akan mengalami hujan badai yang lebat dari Rabu pagi hingga Kamis (5/10) pagi, ujarnya.

Sementara itu, angin kencang diperkirakan akan menyapu sebagian Laut China Timur dan Laut China Selatan, serta daerah pesisir provinsi Zhejiang dan Fujian di China timur dari Rabu pagi hingga Kamis pagi, lanjutnya.

Pusat meteorologi tersebut mendesak otoritas setempat agar mempersiapkan langkah-langkah tanggap darurat topan serta tetap waspada terhadap kemungkinan banjir dan bencana geologis.

China menerapkan sistem peringatan berkode warna yang terdiri dari empat tingkatan untuk topan, dengan warna kuning mewakili tingkat terparah ketiga.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023