Sebanyak delapan IKM penerima Penghargaan OVOP dan empat IKM penerima Penghargaan Upakarti, kami berikan fasilitasi untuk berpartisipasi pada pameran Inacraft on October 2023
Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 12 industri kecil dan menengah (IKM) binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ikut mejeng dan mendapat fasilitasi perluasan akses pasar lewat pameran Inacraft on October 2023.
 
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menyampaikan pelaku IKM yang mendapatkan fasilitasi pameran tersebut adalah mereka yang meraih Penghargaan One Village One Product (OVOP) dan Penghargaan Upakarti tahun 2022.
 
"Sebanyak delapan IKM penerima Penghargaan OVOP dan empat IKM penerima Penghargaan Upakarti, kami berikan fasilitasi untuk berpartisipasi pada pameran Inacraft on October 2023," kata Reni dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
 
OVOP adalah program pembinaan Kemenperin dengan pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang mengangkat keunikan khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Adapun Penghargaan Upakarti adalah bentuk apresiasi di bidang perindustrian yang diberikan kepada pihak yang berprestasi, serta berjasa dan aktif melakukan pembangunan dan/atau pemberdayaan industri kecil dan industri menengah.
 
Reni juga turut menyampaikan apresiasinya kepada ASEPHI yang menggelar Pameran Inacraft on October 2023 dengan mengusung tema "From Smart Village to Global Market" yang senada dengan visi pengembangan IKM dan ekonomi kemasyarakatan.
 
"Tingkat pemberdayaan masyarakat dalam ekosistem IKM sangat besar karena dalam rantai proses produksi IKM Indonesia banyak melibatkan peran kerajinan tangan para perajin," tutur Reni.

Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) kali ini diselenggarakan 4-8 Oktober 2023 di JCC Jakarta sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.
 
Inacraft on October merupakan seri dari Inacraft yang mengusung konsep pameran kekinian dengan pameran produk yang sudah terkurasi melalui proses seleksi yang baik.

Sebanyak 772 booth itu diisi oleh produk kerajinan dari anggota Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), 21 peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan dinas/dekranasda, peserta internasional dari negara sahabat, dan dihadiri tamu domestik maupun internasional.
 
Pameran Inacraft menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar Rp50 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai 1 juta dolar AS.

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023