Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan bahwa kehadiran Muhammad Zinedine Alam Ganjar dapat menjembatani antara bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan generasi Z.

Sejumlah tayangan televisi dan siaran Youtube yang memuat Alam dinilai memiliki daya tarik yang kuat dan dampak positif bagi Ganjar.

"Kalau melihat dan menyimak dari performa dan kemudian wawasannya, saya kira memang Alam ini bagus. Dia natural dan tidak dibuat-buat," ujar Karyono dalam keterangan tetulisnya, Rabu.

"Alam ini memang termasuk generasi milenial sehingga tentu dengan penampilannya yang polos, tapi justru malah menarik. Dia bicara apa adanya dan tidak dibuat-buat dan gestur yang kalem," tambahnya.

Adapun Alam tampil bersama Ganjar dan istrinya, Siti Atikoh, di acara Rosi di KompasTV, akhir September lalu. Ketika itu, ia sempat ditanya Rosi mengenai posisinya sebagai putra tunggal calon presiden dan pandangannya mengenai kekuasaan.

Alam menjawab kekuasaan bukanlah suatu hal yang mewah dan istimewa jika tidak bermanfaat bagi publik. Sebab, privilese paling tinggi adalah dapat menuangkan pikiran, idealisme, dan apa yang dimiliki untuk orang banyak.

Baca juga: Istri Ganjar larang anaknya nikmati fasilitas sebagai anak pejabat
Baca juga: Putra Ganjar dan putri Puan masuk barisan jurkam muda Ganjar


Menurut Karyono, Alam memperlihatkan wawasan yang luas dan karakter natural yang sangat dekat dengan anak muda. Penampilan Alam yang kalem itu bisa menjadi nilai lebih untuk menarik hati pemilih milenial dan generasi Z yang populasinya mencapai 60 persen.

"Alam terlihat sangat membaur dan karakter merakyat serta egaliternya sangat kental. Selain itu, dia punya wawasan itu, menurut saya bisa jadi daya tarik terutama bagi pemilih generasi milenial," kata Karyono.

Untuk itu, penampilan Alam di ruang publik berpotensi menjadi jembatan komunikasi Ganjar ke pemilih milenial dan generasi Z. Bahkan, Alam bisa menjadi magnet elektoral pemilih muda untuk meningkatkan keterpilihan Ganjar.

Namun, Karyono memandang Alam tidak cukup hanya mengandalkan pesona untuk bisa menarik hati pemilih milenial dan gen Z. Alam harus mampu mempromosikan program-program Ganjar yang menarik dan menjawab persoalan generasi muda.

"Program-program yang bisa menarik simpati gen Z dan generasi milenial itu penting. Program- program yang menjawab kebutuhan gen Z dan milenial, itu yang paling penting. Bukan sekadar sosoknya. Sosok penting, tapi lebih penting lagi adalah program yang bisa menjawab kebutuhan gen Z dan generasi milenial," tuturnya.

Saat ini, Alam berstatus sebagai salah satu juru kampanye Ganjar di mana didapuk sebagai jurkam oleh PDIP Juli 2023. Karyono memandang Alam sudah terlihat cukup lihai bicara politik.

"Jika ditambah tawaran program-program itu tentu bisa dieksplorasi untuk menguntungkan Ganjar dibanding sosok bacapres lainnya," pungkas Karyono.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023