Kegiatan business matching ini merupakan langkah strategis untuk dapat mendorong pekerja migran Indonesia masuk dan bekerja di Qatar sesuai dengan prosedur pemberangkatan dan penempatan yang benar...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan Indonesia Business Matching 2023 di Qatar dalam rangka memberikan peluang bagi tenaga kerja Indonesia.

"Kegiatan business matching ini merupakan langkah strategis untuk dapat mendorong pekerja migran Indonesia masuk dan bekerja di Qatar sesuai dengan prosedur pemberangkatan dan penempatan yang benar, bekerja dengan penuh semangat, dan memiliki loyalitas terhadap tempat mereka bekerja," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan terdapat tiga besar permintaan pekerja migran Indonesia berdasarkan sektornya yaitu hospitality, kesehatan, dan migas. Namun sayangnya jumlah tenaga kerja Indonesia yang dapat mengisi peluang kerja di Qatar relatif masih sangat sedikit, hanya sekitar 21.000 orang dari total 2,3 juta tenaga kerja asing (ekspatriat) di Qatar.

Saat membuka Indonesia Business Matching 2023 di Kota Doha, Qatar, Rabu (4/10), Menaker Ida Fauziyah menyampaikan kegiatan business matching merupakan bagian dari kegiatan tahunan Indonesian Labor Market (ILM) untuk mempertemukan antara perusahaan atau end user (employers) di Doha dengan beberapa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). 

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penempatan antara perusahaan mitra usaha dengan P3MI.

Baca juga: Kemnaker gelar Healthcare Business Matching di UEA perluas pasar kerja

Indonesia Business Matching 2023 ini dihadiri sekitar 96 perusahaan Qatar, khusus yang bergerak di bidang perhotelan, ritel, manufaktur, migas, transportasi, serta kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik, dan dihadiri sekitar 20 P3MI.

Menaker Ida Fauziyah mengharapkan kepada pihak pengusaha yang hadir dalam forum ini agar sebanyak-banyaknya merekrut pekerja migran dari Indonesia.

"Saya yakin kehadiran pekerja migran Indonesia akan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan di Qatar," ucapnya.

Menaker juga mengharapkan forum ini dapat menjadi media komunikasi yang baik bagi pihak pengusaha maupun perusahaan di Qatar dengan perusahaan pelaksana penempatan pekerja migran Indonesia yang hadir secara langsung di Qatar ini.

Baca juga: Qatar diharapkan tingkatkan perlindungan pekerja migran Indonesia
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023