Sudah dipastikan Pak Presiden Jokowi akan hadir dan menyaksikan MotoGP di Sirkuit Mandalika
Mataram (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyaksikan ajang balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023.

"Sudah dipastikan Pak Presiden Jokowi akan hadir dan menyaksikan MotoGP di Sirkuit Mandalika," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan Presiden Jokowi tidak datang sendiri, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga dijadwalkan hadir mendampingi Presiden di Sirkuit Mandalika.

"Informasi saat kita rapat bersama di Kemenko Marves, presiden hadir bersama sejumlah menteri, cuman siapa saja kita belum tahu," ujar Komandan Lapangan MotoGP Mandalika ini.

Menurutnya selain hadir menyaksikan MotoGP, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan piala bagi para pemenang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Kesiapan kehadiran Presiden ini sudah kita bahas di Kemenko Marves dan saat rapat persiapan MotoGP bersama Polda NTB beberapa hari lalu," katanya.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan persiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menggelar Indonesian GP 2023 hampir mencapai 100 persen.

"Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit," ujarnya.

MGPA bersama Roadgrip Ltd telah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Dari total luasan 27.380 meter persegi, pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 meter persegi. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system.

MGPA juga telah melakukan pelatihan bagi marshal yang akan bertugas selama gelaran race. Tercatat 402 marshal yang 95 persen nya berasal dari warga lokal telah siap untuk bertugas. Dari sisi medical centre, bekerja sama dengan RSUD Provinsi NTB, MGPA telah menyiapkan penyediaan peralatan medis yang lengkap seperti ambulans, menyediakan tim medis yang berpengalaman serta fasilitas perawatan darurat.

Sementara di area paddock, MGPA terus berkoordinasi dengan Dorna Sports SL untuk menyiapkan layout dan berbagai fasilitas sebagai pusat operasi bagi tim balap, termasuk paddock facilities lainnya seperti Media Center, Relaxing Zone, dan Team Office.

Baca juga: Menparekraf: Indonesia siap gelar seri MotoGP 2023 di Mandalika
Baca juga: Polisi tingkatkan pengamanan jelang MotoGP Mandalika 2023

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023