New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street diperdagangkan di wilayah positif pada Senin, setelah mencapai rekor baru pekan lalu, dengan indeks komposit Nasdaq menembus level psikologis 3.500 poin.

Pada perdagangan tengah hari, Dow Jones Industrial Average naik 32,44 poin atau 0,21 persen menjadi 15.386,84 poin.

Sementara indeks S&P 500 naik 4,85 poin atau 0,29 persen menjadi 1.672,32 poin dan indeks komposit Nasdaq naik 9,68 poin atau 0,28 persen menjadi 3.508,65 poin.

Saham AS dibuka melemah pada awal sesi, karena pasar sedang mencari arah di tengah kurangnya data ekonomi.

Indeks-indeks saham utama mengakhiri pekan lalu dengan catatan positif untuk keempat minggu berturut-turut, dengan Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 ditutup di tertinggi baru sepanjang masa.

Setelah dibuka melemah pada Senin, pasar memperoleh kembali momentum karena kenaikan secara luas di pasar saham Asia dan Eropa.

Investor juga memperkirakan komentar dari beberapa pejabat Federal Reserve AS minggu ini untuk memberikan beberapa cahaya pada prospek pembelian aset besar-besaran oleh bank sentral.

Presiden Fed Dallas Richard Fisher mengatakan kepada CNBC pada Senin pagi bahwa Fed hanya bisa memperlambat laju pembelian sekuritas berbasis hipotik (KPR) daripada membuat berhenti mendadak.

Sementara itu, Presiden Fed Chicago Charles Evans, anggota pengambil keputusan di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tahun ini, akan berbicara pada sore hari tentang kebijakan moneter dan prospek ekonomi.

Ketua Fed Ben Bernanke juga diawasi ketat untuk kesaksiannya yang dijadwalkan pada Rabu di Kongres tentang prospek ekonomi AS, yang mungkin memberikan beberapa petunjuk tentang strategi keluar Fed.

Dalam data ekonomi, Chicago Fed National Activity Index turun menjadi minus 0,53 pada April dari minus 0,23 pada Maret, terutama karena penurunan dalam indikator yang berhubungan dengan produksi.

Dalam berita perusahaan, Goldman Sachs berusaha untuk menjual sisa sahamnya di Industrial and Commercial Bank of China yang diperdagangkan Hong Kong untuk sekitar 1,1 miliar dolar AS, menurut laporan media, Senin.

Yahoo dilaporkan telah menyetujui pembelian sebuah platform jaringan microblogging dan sosial Tumblr senilai 1,1 miliar dolar AS. Saham Yahoo naik tipis 0,94 persen menjadi 26,77 dolar AS dalam perdagangan tengah hari.

Perusahaan farmasi pada Senin Actavis mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi Warner Chilcott dalam transaksi saham senilai sekitar 8,5 miliar dolar AS.

Saham Actavis naik 2,51 persen menjadi 128,65 dolar AS dan saham Warner Chilcott naik 3,10 persen menjadi 19,81 dolar AS dalam perdagangan tengah hari, demikian Xinhua melaporkan.

(SYS/A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013