TNI selalu memiliki andil besar pada setiap misi kemanusiaan untuk memberikan pertolongan sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berharap di HUT Ke-78 TNI tahun ini, Polri dan TNI semakin bersinergi dalam menjaga dan melindungi masyarakat terlebih menjelang Pemilu Serentak 2024 dengan banyak dinamika dan tantangan yang bakal dihadapi.

"TNI-Polri akan semakin solid dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat, serta akan terus bertindak profesional dan tangguh guna menghadapi tantangan tugas ke depan khususnya dalam pengamanan rangkaian Pemilu 2024 agar dapat berjalan aman dan kondusif," kata Sigit dalam keterangan tertulis Divisi Humas Polri di Jakarta, Kamis.

Pada perayaan hari jadi TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jenderal Sigit hadir bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Kebersamaan Panglima TNI dan Kapolri itu menjadi salah satu cerminan sinergitas TNI-Polri yang terjalin selama ini.

Selain itu, Kapolri juga menyampaikan ucapan selamat HUT Ke-78 TNI berupa video yang dipublikasikan melalui media sosial pribadi-nya (Instagram dan Twitter/X).

Dalam video itu, Kapolri menyampaikan selama 78 tahun mengabdi prajurit TNI hadir sebagai patriot yang senantiasa menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dari berbagai ancaman yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Patriot TNI, kata dia, menjaga NKRI dengan penuh loyalitas dalam pengabdian-nya.

"TNI selalu memiliki andil besar pada setiap misi kemanusiaan untuk memberikan pertolongan sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat," ucapnya.

Pada peringatan HUT Ke-78 TNI ini, jenderal polisi bintang empat itu juga berharap TNI semakin profesional dan senantiasa bersinergi dengan Polri mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

"Semoga TNI semakin profesional tangguh dan terus menjadi prajurit kebanggaan serta senantiasa bersinergi dengan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa guna mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045," tutur Sigit.

Dalam video itu juga, Kapolri atas nama keluarga besar Polri menyampaikan ucapan Dirgahayu Ke-78 TNI.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, beserta seluruh keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan 'Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-78," ujar Sigit.

Peringatan HUT Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis, menjadi ajang unjuk keterampilan pasukan dan kesiapan alutsista TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023