Sentani (ANTARA) - Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, menyatakan, Tentara Nasional Indonesia telah hadir dan menjalankan amanah UUD 1945 menjadi garda terdepan serta benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 78 tahun.

“Berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan tentang kedaulatan negara, keutuhan negara, keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah diatasi dengan baik,” kata dia, dalam sambutan yang dibacakan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan, dalam HUT ke-78 TNI yang digeler di Venue Rugby Silas Papare, Jayapura, Papua, Kamis.

Baca juga: Pembebasan sandera tawanan teroris tandai HUT ke-78 TNI di Kendari

Menurut panglima TNI, dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tertinggi di dalam maupun luar negeri. “Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini,” ujarnya.

Dalam amanat tertulis itu, dikatakan bahwa terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi tidaklah ringan. “Setelah pandemi COVID-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, energi dan finansial,” katanya.

Baca juga: Komandan Korem 133/NW: TNI siap kawal demokrasi di Gorontalo

Orang nomor satu di TNI itu menambahkan situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia.

“Di lingkup nasional beragam potensi dan ancaman juga semakin kompleks, untuk itu momentum HUT ke-78 TNI harus kita jadikan bahan intropeksi untuk berbenah guna mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh,” ujarnya.

Setelah puncak HUT ke-78 TNI dilanjutkan dengan dengan defile pasukan prajurit TNI dan sistem kesenjataan dan atraksi beladiri dari Persatuan Setiap Hari Terate Jayapura dengan berbagai pertunjukan di antaranya memecahkan bata ringan hingga 78 unit.

Baca juga: Korem 132/TDL komitmen bersinergi dengan seluruh pihak kawal demokrasi
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023