....berpromosi mengenalkan produk pariwisata dan ekonomi kreatif unggulan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan dan memperkenalkan desa-desa wisata yang menjadi daya tarik Indonesia dalam The 29th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Expo dan Gebyar Melayu Pesisir 2023, di Batam, Kepulauan Riau.

"Kemenparekraf menghadirkan desa wisata khususnya di Kepulauan Riau untuk berpromosi mengenalkan produk pariwisata dan ekonomi kreatif unggulan," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sandiaga mengatakan pameran IMT-GT Expo menjadi ajang untuk menampilkan potensi pariwisata, ekonomi kreatif, dan industri teknologi tinggi dari tiga negara mencakup Indonesia, Malaysia, serta Thailand.

Kemenparekraf pun turut berpartisipasi dalam pameran ini untuk mempromosikan potensi parekraf Indonesia, khususnya di desa-desa wisata.

Booth Kemenparekraf berada pada area Indonesia Booth A yang diramaikan oleh Desa Wisata Pulau Penyengat, Desa Wisata Kampung Tua Bakau, dan Desa Wisata Pulau Lance sebagai destinasi wisata alternatif di Kepulauan Riau.

Dalam pameran yang berlangsung pada 26 September-1 Oktober 2023 berbarengan dengan Gebyar Melayu Pesisir 2023 di Marriot Harbour Bay Batam ini, kata Sandiaga, Kemenparekraf memberikan pelayanan informasi terkait pariwisata Indonesia, pembagian merchandise menarik kepada pengunjung yang berinteraksi dengan para partisipan pameran, serta membagikan doorprize berupa vocer paket desa wisata.

Menurut dia, kehadiran Kemenparekraf bersama dengan desa wisata di IMT-GT Expo dan Gebyar Melalu Pesisir ini merupakan bentuk dukungan pada Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia atau Gernas BBWI.

Adapun kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemenparekraf, diharapkan dapat berkontribusi dalam pencapaian target perjalanan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 miliar sampai 1,4 miliar perjalanan pada 2023.

“Selain itu, dengan adanya kerja sama antartiga negara ini, juga diharapkan dapat menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga.
Baca juga: Airlangga: IMT-GT jadi kawasan majukan industri halal di ASEAN
Baca juga: IMT-GT buka peluang kerja sama antar kawasan ekonomi khusus

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023