Anda harus mengasah agar pedoman dan kompas Anda mengarah pada kebaikan, kemaslahatan umat, perbaikan bangsa, kemuliaan negara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta lulusan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) untuk menjaga nilai-nilai Kementerian Keuangan.

"Nilai-nilai Kementerian Keuangan bukan hanya untuk dihafalkan, tetapi juga dijalankan. Jaga integritas, jaga profesionalitas, jaga sinergi, terus mencapai kesempurnaan. Ini harus jadi pedoman bagi lulusan PKN STAN dalam bekerja untuk melayani rakyat dan Indonesia," katanya saat memberi sambutan pada kegiatan Wisuda Adiwiranama PKN STAN 2023 di Jakarta, Kamis.

Menkeu meminta lulusan PKN STAN mampu merespons berbagai tantangan yang akan muncul ke depan, seperti El Nino, perubahan iklim, teknologi digital, hingga geopolitik.

Menurut dia, keuangan negara bukan hanya tentang mengelola APBN, tetapi menjadi instrumen penting untuk mencapai tujuan bernegara. Para lulusan harus terus belajar dan menggunakan ilmu yang dimiliki untuk kebaikan.

"Anda harus mengasah agar pedoman dan kompas Anda mengarah pada kebaikan, kemaslahatan umat, perbaikan bangsa, kemuliaan negara. Itu yang saya harapkan," ujar Menkeu.

Wisuda PKN STAN Tahun 2023 mengusung tema Adiwiranama yang tersusun dari sejumlah literatur Sanskerta yaitu adiwignya (manusia berpendidikan), gagaran (pedoman), karuna (kasih sayang/kebaikan), dan prasama (bersama-sama).

Makna dari akronim tersebut adalah pengharapan agar wisudawan PKN STAN bertransformasi menjadi manusia berpendidikan yang berjalan bersama-sama sesuai dengan tuntunan dan pedoman dalam menebar kebaikan.

Wisuda tahun ini merupakan wisuda pertama yang meluluskan mahasiswa alih program dengan Kurikulum Pembangunan Karakter. Sebanyak 73 persen lulusan PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023 memperoleh predikat "Dengan Pujian" dan 27 persen berpredikat "Sangat Memuaskan", dengan rata-rata IPK lulusan adalah 3,63 dan IPK tertingginya sebesar 3,92.

Dari jumlah tersebut, terpilih tiga wisudawan teladan yang diwisuda secara langsung oleh Menteri Keuangan, yaitu Lola Ingata Saragih dari D-IV Manajemen Keuangan Negara Alih Program, Lisa Angelia dari D-IV Akuntansi Sektor Publik Alih Program, serta Nadhifah Ayu Noviandira dari D-III Kepabeanan dan Cukai Alih Program.

Wisudawan teladan tersebut adalah wisudawan yang meraih capaian akademik dan nonakademik tertinggi. Capaian akademik meliputi IPK dengan predikat "Dengan Pujian", sedangkan capaian nonakademik meliputi beberapa aspek karakter, antara lain nilai karakter, aktivitas organisasi, dan kontribusi bagi kampus serta masyarakat.

Baca juga: Menkeu: Lulusan STAN harus berpedoman untuk perbaikan bangsa
Baca juga: Menkeu: Calon pengelola keuangan negara perlu paham politik
Baca juga: Sri Mulyani minta lulusan PKN STAN jaga integritas demi Indonesia Maju


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023