Kalian mulai hari ini berpikir bagaimana mengembalikan privilege dan fasilitas negara itu untuk anak-anak muda yang lain ....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan lulusan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), yang memperoleh pendidikan dengan biaya negara, harus mengembalikan fasilitas tersebut dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalian mulai hari ini berpikir bagaimana mengembalikan privilege dan fasilitas negara itu untuk anak-anak muda yang lain yang belum memiliki kesempatan dan kenikmatan seperti kalian. Pikirkan pada saat Anda ditugaskan di mana saja di keuangan negara, Anda mengelola alat untuk mencapai kesejahteraan,” kata Sri Mulyani saat memberi sambutan pada kegiatan Wisuda “Adiwiranama” PKN STAN 2023 di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Menkeu menggarisbawahi pentingnya memahami tujuan dan cita-cita yang telah disampaikan para pendiri bangsa bagi para lulusan PKN STAN yang menjadi bagian dari pengelola keuangan negara.

Baca juga: Menkeu minta lulusan PKN STAN jaga nilai-nilai Kementerian Keuangan

Menurut Menkeu, tujuan negara adalah mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu melalui pembangunan sumber daya manusia, terutama lewat pendidikan dan kesehatan, yang perlu menjadi prioritas.

Di sisi lain, pekerjaan rumah berikutnya adalah memeratakan pembangunan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. Saat ini, Indonesia masih memiliki daerah terluar, tertinggal, termiskin.

Menkeu menegaskan keuangan negara menjadi instrumen penting untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, baik melalui pembangunan infrastruktur dan membangun kualitas SDM.

Selanjutnya, Menkeu mengungkapkan bahwa ekonomi Indonesia harus dikuatkan untuk berkompetisi dengan negara lainnya di dunia.

“Negara-negara lain maju, menguatkan fondasi ekonomi, menyiapkan rakyatnya, membangun infrastruktur, jangan sampai Indonesia berhenti dan tertinggal. Gunakan desain keuangan negara untuk membuat Indonesia ekonominya, kesejahteraan, keadilannya bisa makin diperkuat dan diwujudkan,” ujar Menkeu.

Baca juga: Menkeu: Lulusan STAN harus berpedoman untuk perbaikan bangsa

Tantangan keuangan negara terakhir adalah perubahan yang terjadi di dunia, mulai dari pandemi COVID-19, El-Nino, perubahan iklim, teknologi digital, hingga geopolitik.

Menkeu meminta lulusan PKN STAN ini mampu merespons berbagai tantangan yang akan muncul ke depan.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023