Los Angeles (ANTARA) - Informasi Pusat Prediksi Badai di Layanan Cuaca Nasional Amerika Serikat (AS) (National Weather Service/NWS), Kamis (5/10), menyebutkan bahwa September 2023 menjadi bulan dengan rekor hujan es tertinggi di negara tersebut.

NWS mengungkapkan bahwa terdapat 420 laporan awal terkait hujan es berukuran besar di negara tersebut, dengan 63 di antaranya melaporkan diameter es lebih dari 5 sentimeter. Kedua angka tersebut memecahkan rekor untuk laporan awal hujan es terbanyak di bulan September yang pernah tercatat.

Sebelumnya pada pekan ini, badai petir dahsyat menghasilkan hujan es berukuran besar di beberapa wilayah dataran di AS, termasuk hujan es berukuran besar yang terjadi di Kansas.

NWS menjelaskan bahwa September 2023 hanya mencatat 12 awal tornado, yang merupakan rekor tornado paling sedikit keenam di bulan September yang tercatat sejak 1950.

Aktivitas tornado di bawah normal ini berkaitan dengan minimnya pendaratan sistem tropis, setidaknya bagian dari badai yang paling mendukung terjadinya tornado, kata NWS.

Walaupun aktivitas tornado minimal, AS mengalami aktivitas cuaca buruk yang jauh di atas normal dengan 1.597 laporan cuaca buruk. Jumlah ini hampir 700 laporan di atas angka rata-rata 2013-2022.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023