Hangzhou (ANTARA) - International Testing Agency (ITA) pada Kamis (5/10) mengonfirmasi bahwa atlet balap sepeda Uzbekistan Aleksey Fomovskiy diskors setelah teruji positif menggunakan zat terlarang.

Aleksey Fomovskiy gagal dalam tes doping dan menjadi atlet keempat yang terkonfirmasi positif menggunakan doping di Asian Games Hangzhou.

"ITA melaporkan bahwa sampel yang diambil dari Aleksey Fomovskiy telah menghasilkan temuan analitik yang merugikan untuk zat terlarang tanpa spesifikasi, yakni steroid anabolik androgenik," demikian pernyataan ITA.

ITA menyampaikan bahwa sampel dikumpulkan selama kontrol antidoping dalam kompetisi yang dilakukan pada 28 September 2023 di pertandingan cabang olahraga (cabor) balap sepeda trek nomor omnium-points race putra.

"Atlet tersebut telah diberi tahu tentang kasus ini dan langsung diskors sementara. Dia memiliki hak untuk meminta analisis sampel B," kata ITA.

Atlet balap sepeda berusia 22 tahun itu menempati posisi kelima dalam pertandingan cabor balap sepeda nomor omnium points race putra pada 28 September.

Kasus Fomovskiy menjadi kasus doping keempat yang terkonfirmasi di ajang Asian Games Hangzhou. Sebelumnya, atlet lari jarak jauh Arab Saudi Mohammed Yousef Al-Asiri, petinju Afghanistan Mohammad Khaibar Nooristani, dan atlet balap sepeda Filipina Ariana Thea Patrice Dormitorio Evangelista juga gagal dalam tes doping.

Di bawah mandat Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA), ITA menangani secara independen program antidoping di ajang Asian Games Hangzhou.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023