Jangan sampai berlebihan karena akan mengakibatkan overhidrasi yang beresiko mengganggu keseimbangan elektrolit berupa hiponatremia atau menurunnya kadar garam dalam tubuh
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Banten mengimbau masyarakat agar tidak berlebihan meminum air mineral saat kondisi panas karena akan mengakibatkan overhidrasi.

"Jangan sampai berlebihan karena akan mengakibatkan overhidrasi yang beresiko mengganggu keseimbangan elektrolit berupa hiponatremia atau menurunnya kadar garam dalam tubuh," kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni, di Tangerang Jumat.

Ia mengatakan orang dewasa mengonsumsi air mineral dalam sehari sebanyak dua liter atau delapan gelas. Hal ini sebagai solusi mengatasi agar tidak mengalami dehidrasi dengan kondisi saat ini.

Apalagi dalam sebulan terakhir, cuaca di Kota Tangerang berada pada suhu 33-35 derajat Celsius yang disebabkan dampak El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD).

Diakuinya, cuaca pada musim kemarau dengan suhu yang panas dapat menyebabkan dehidrasi apabila masyarakat tidak mengonsumsi air dengan cukup. Selain itu dengan cuaca yang belum mengalami hujan cukup lama, polusi udara juga berada di angka yang cukup tinggi.

Baca juga: Meminum terlalu banyak air sama bahayanya dengan dehidrasi

"Jangan lupa menggunakan masker saat keluar rumah agar terhindar dari polusi. Salah satu dampak polusi pada tubuh kita adalah terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)," katanya.

Ia juga mengimbau menggunakan tabir surya sebelum bepergian keluar dan jika memungkinkan gunakan payung atau topi agar tidak terpapar sinar matahari langsung.

"Jika bepergian pastikan untuk menggunakan tabir surya. Lalu, jika bepergian di siang hari jangan lupa gunakan payung dan juga topi agar kulit dan kepala tidak terpapar sinar matahari secara langsung karena di siang hari matahari biasanya akan sangat terik. Jika dirasa tidak ada kepentingan untuk pergi, sebaiknya agar tetap di rumah," lanjutnya.

Dini mengimbau agar masyarakat Kota Tangerang dapat tetap menjaga kesehatan tubuh di tengah kemarau panjang dan terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

"Bagi masyarakat Kota Tangerang, terus terapkan PHBS, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang cukup, dan pastikan untuk tubuh selalu terhidrasi dengan cukup juga," katanya.

Baca juga: Minum air secukupnya secara bertahap agar tak overhidrasi
Baca juga: Kebiasaan salah saat konsumsi air putih

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023