Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali berharap usulan menempatkan perwira tinggi (pati) bintang tiga sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) segera terwujud.

Wacana menempatkan jenderal bintang tiga untuk mengisi jabatan Dankormar bergulir sejak 2021 saat TNI AL dipimpin Laksamana TNI Yudo Margono dan TNI dipimpin Jenderal TNI Andika Perkasa.

“(Usulan itu) masih dalam proses. Kami sudah hubungi (bertemu, red.) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, kemudian dengan pihak Istana juga. Mudah-mudahan dipercepatlah. (Itu) harapan saya,” kata Laksamana Ali menjawab pertanyaan ANTARA di sela-sela kegiatannya di Markas Besar TNI AL Cilangkap, Jakarta, Jumat.

Laksamana TNI Yudo Margono, saat menjabat sebagai Kasal menjelaskan posisi Dankormar layak diisi perwira tinggi bintang tiga karena menyesuaikan besaran pasukan, alutsista, dan tugas yang diemban Pasukan Korps Marinir.

"Layak dengan organisasi yang ada. Dengan jumlah prajurit yang ada, dengan alutsista yang ada, dengan tugas yang diemban Korps Marinir," kata Yudo saat masih menjabat sebagai Kasal tahun lalu.

Baca juga: Kasal: Usulan Dankormar diisi pati bintang tiga lolos uji naskah
Baca juga: Yudo sebut komandan Korps Marinir selayaknya bintang tiga


Sementara itu, Laksamana Ali, Kepala Staf TNI AL saat ini, saat ditemui pada 21 Mei 2023 menjelaskan usulan itu telah melewati tahapan uji naskah, yaitu di tingkat TNI AL, Mabes TNI, dan Kementerian Pertahanan RI.

Usulan itu menunggu persetujuan Presiden RI Joko Widodo mengingat perubahan struktur dalam organisasi (validasi organisasi) TNI membutuhkan keputusan presiden (keppres) sebagai dasar hukumnya.

Untuk Korps Marinir memang sudah direncanakan dinaikkan jabatannya bintang tiga. Proses ini sudah uji naskah di mabes (markas besar) angkatan, kemudian di Mabes TNI sudah lolos; dan di Kemhan (Kementerian Pertahanan) pun sudah lolos, sekarang maju ke Presiden,” kata Kepala Staf TNI AL menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers selepas Upacara Serah Terima Jabatan Dankormar di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, pada 21 Mei 2023.

Komandan Korps Marinir dalam tugasnya membawahi tiga pasukan Marinir, yaitu Pasukan Marinir 1 di Jakarta, Pasukan Marinir 2 di Surabaya, dan Pasukan Marinir 3 di Sorong.

Komandan Korps Marinir TNI AL sejauh ini masih dijabat Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah. Namun, sesuai dengan SK Panglima pada 27 September 2023, Nur Alamsyah menerima promosi menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Pelatihan TNI AL (Dankodiklatal) menggantikan Letjen TNI (Mar) Suhartono yang menurut SK itu menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) TNI. Namun sampai saat ini, upacara serah terima jabatan dan pelantikan belum digelar.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023