Ramallah (ANTARA) - Hala Alqadi, karateka Palestina yang berusia 22 tahun, telah mengukir sejarah dengan meraih medali perunggu di ajang Asian Games Hangzhou, membawa kehormatan bagi tanah airnya yang sedang dilanda konflik.

Di hari pertama kompetisi untuk cabang olahraga tersebut pada Kamis (5/10), Alqadi meraih medali perunggu untuk nomor kumite 68 kg putri setelah mengalahkan lawannya dari Chinese Taipei Chao Jou dengan skor 6-3. Medali ini menjadi medali pertama Palestina di Asian Games Hangzhou sekaligus medali Asian Games pertama negara itu sejak 2002.

"Ini merupakan kemenangan bersejarah. Saya sangat senang akhirnya dapat mengibarkan bendera Palestina di salah satu kompetisi internasional paling signifikan," kata Alqadi yang begitu emosional kepada Xinhua dalam sesi wawancara via telepon.

Saat mengibarkan bendera Palestina, Alqadi mendedikasikan kemenangannya untuk rakyat Palestina, keluarganya, dan Komite Olimpiade Palestina.

"Rakyat Palestina berhak hidup damai dan mencapai semua impian mereka jauh dari konflik," ujarnya.

"Kita dapat menciptakan masa depan yang menjanjikan berdasarkan kemampuan, bakat, dan pengembangan diri kita. Kami hanya menginginkan kesempatan untuk hidup aman dan membuktikan eksistensi kami sebagai rakyat Palestina di segala aspek kehidupan," imbuhnya.
 
Xinhua 



Alqadi menegaskan niatnya untuk melanjutkan karier sebagai karateka di kancah internasional. Saat ini, dia sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan dunia di Hongaria pada Oktober mendatang

"Untuk mempersiapkan diri sebelum kompetisi penting, Alqadi menjalani latihan ekstensif dan ketat selama beberapa pekan yang panjang," ujar Nader Jayousi, ketua kontingen Palestina untuk Asian Games, kepada Xinhua.

"Alqadi, dan juga seluruh rakyat Palestina, pantas meraih kemenangan bersejarah ini, terutama karena kita semua menginginkan momen kebahagiaan," jelas Jayousi.

Baik Alqadi maupun Jayousi memuji penyelenggaraan Asian Games di China, mengatakan bahwa penyelenggaraan, pengaturan, dan suasana Asian Games edisi kali ini begitu mengesankan.

Masyarakat di kampung halaman Alqadi pun merayakan kemenangan sang atlet dengan hangat.

"Selamat atas pencapaian yang luar biasa ini. Selamat kepada Hala dan Palestina atas medali yang sangat berharga di hati kita semua ini," tulis Bahjat Tantish, seorang warga yang tinggal di Gaza, di akun Facebook-nya.

"Kemenangan ini untuk Palestina dan rakyat Palestina di mana pun. Kita harus bangga dengan para pahlawan kita dan kibarkan bendera Palestina untuk merayakan kebahagiaan yang penting ini," ungkap Sama Jaradat, seorang warga yang tinggal di Hebron, di akun Facebook-nya. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023