Kepada para ulamalah, umara (penguasa) harus bersandar.
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menargetkan mampu meraih dukungan 2/3 warga Nahdlatul Ulama (NU) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Majelis Pertimbangan PPP M. Romahurmuziy mengemukakan hal itu terkait dengan kunjungan Ganjar yang menemui tokoh sekaligus kiai kharismatik K.H. Said Aqil Siradj di Pondok Pesantren Luhur Al- Tsaqafah, Jakarta, Kamis (5/10) malam. Said Aqil merupakan mantan Ketua Umum PBNU.

Pria yang akrab disapa Rommy di Jakarta, Jumat, menilai wajar apabila Ganjar sowan kepada tokoh-tokoh NU yang ada di struktural PBNU maupun kiai kultural, salah satunya K.H. Said Aqil.

Sesuai dengan survei Litbang Kompas Mei 2023, kaya dia, warga NU di Indonesia ada 61 persen. Sebagai capres, Ganjar memerlukan restu para ulama dan nasihat-nasihat objektif untuk memimpin Indonesia ke depan," ujarnya.

Rommy mengungkapkan bahwa kunjungan Ganjar ke beberapa tokoh NU karena ingin menarik lebih banyak kaum nahdiyin mendukung mantan Gubernur Jateng tersebut pada Pilpres 2024.

Ia mengatakan bahwa NU adalah salah satu ormas pendiri republik ini yang tegas komitmen kebangsaannya.

Dengan strategi yang dijalankan, lanjut dia, ditargetkan sebanyak 2/3 warga NU akan dukung Ganjar pada Pilpres 2024.

"Ganjar adalah keluarga besar PPP yang dilahirkan oleh NU. Oleh karena itu, kami menargetkan setidaknya dua pertiga warga NU bisa memilih Mas Ganjar. Apalagi, selama 5 tahun terakhir terbukti nyata duet harmonis dengan tokoh NU, yaitu Gus Yasin Maimoen Zubair," katanya.

Menurut dia, kunjungan Ganjar ke tokoh-tokoh NU bukan hanya baru-baru ini, melainkan sudah lama dilakukan.

Rommy mencontohkan pada bulan Juli 2023, Ganjar berdiskusi dengan masyayikh NU di Pondok Pesanteren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

"Ini menunjukkan betapa Mas Ganjar sangat hormat kepada ulama," jelasnya.

Ia menilai Ganjar menyadari bahwa para ulama adalah tonggak moral penyangga sila pertama Pancasila, khususnya di tengah serangan budaya asing, kampanye LGBT berskala internasional, dan judi online.

"Kepada para ulamalah, umara (penguasa) harus bersandar," tegasnya.

Baca juga: Said Aqil akui miliki kedekatan khusus dengan Ganjar Pranowo
Baca juga: Ganjar minta masyarakat sabar tunggu nama bakal calon wapres

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023