Untuk membangun keluarga yang baik dan sesuai harapan kita, ada empat rumus yang perlu dilakukan pasangan suami isteri saat berumah tangga
Karawang (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Heryawan, menyampaikan empat rumus untuk membangun sebuah rumah tangga yang tangguh dan terhindar dari stunting.

"Untuk membangun keluarga yang baik dan sesuai harapan kita, ada empat rumus yang perlu dilakukan pasangan suami isteri saat berumah tangga,” kata Netty dalam keterangannya pers yang diterima di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa keluarga sangat penting, karena segalanya berawal dari keluarga. Karena itu orang tua jangan pernah memberikan contoh yang tidak baik, karena akan ditiru oleh anak-anaknya.

Netty mengatakan empat rumus untuk membangun rumah tangga yang berkualitas, tangguh, dan terhindar dari stunting diawali dengan perencanaan menikah.

Menurut dia, menikah itu harus dengan perencanaan agar menghasilkan hal yang baik. Misalnya, menikah pada usia yang aman dan tepat, yakni berusia 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi lelaki.

Perempuan dengan usianya minimal 21 tahun, setidaknya sudah tamat SMA atau sederajat dan organ reproduksi sudah siap serta matang secara emosional. Demikian pula dengan laki-laki, dengan usia 25 tahun sudah bekerja untuk menafkahi keluarga sehingga mandiri dan secara psikologis sudah dewasa. 

Baca juga: Anggota DPR RI: Masyarakat jadi ujung tombak pencegahan stunting

“Jadi menikah itu harus direncanakan, jangan sampai nikah kebetulan, dan mendidik anak asal-asalan,” katanya.

Rumusan selanjutnya, kata dia, pengasuhan yang benar dan tepat, dengan menjalankan delapan fungsi keluarga yang meliputi fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan.

Dengan menjalankan kedelapan fungsi tersebut diharapkan keluarga akan sejahtera dan bahagia.

Kemudian, rumusan mengenai ketahanan keluarga. Seperti ketahanan fisik ekonomi, ketahanan emosional, ketahanan sosial, dan yang jauh lebih penting dan urgen adalah ketahanan spiritual.

Rumus terakhir, kata dia, masing-masing keluarga harus bisa mencegah dan menurunkan stunting. Untuk itu mereka perlu mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup terkait program tersebut agar tidak memiliki anak stunting.

Netty menyampaikan empat rumus untuk membangun rumah tangga yang berkualitas itu saat melakukan promosi Komunikasi Informasi dan Edukasi Program Percepatan Stunting di Wilayah Khusus bersama BKKBN Perwakilan Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Cirebon, Jabar, Jumat.

Baca juga: Komisi IX sasar remaja di Barru sosialisasikan bahaya Stunting
Baca juga: Anggota DPR harap BKKBN maksimalkan peran penanganan stunting




 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023