Banjarbaru (ANTARA) - Balai Veteriner Banjarbaru Kalimantan Selatan menggencarkan vaksinasi rabies di wilayah Pulau Kalimantan dengan menargetkan bebas penyakit rabies pada 2023 mendatang.

"Sesuai target Kalimantan bebas rabies tahun 2030 maka kami siap mewujudkannya," ujar Kepala Balai Veteriner Banjarbaru Putut Eko Wibowo di sela peringatan Hari Rabies Sedunia di Banjarbaru, Sabtu.

Putut mengungkapkan sebanyak 16 kota/kabupaten di dataran Pulau Kalimantan masih terdapat kasus penyakit rabies yang terbanyak di Kalimantan Barat karena binatang anjing.

Sedangkan, di Provinsi Kalimantan Tengah terutama Kabupaten Barito Selatan sempat ditetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies meskipun jumlah kasus mulai menurun termasuk di Barito Timur.

"Jumlah kematian manusia yang dinyatakan positif terserang rabies tahun 2023 mencapai 12 orang yang disebabkan gigitan binatang baik anjing maupun kucing liar maupun peliharaan," ungkap Putut.

Dikatakan Putut, pihaknya terus berupaya mencegah muncul kasus penyakit rabies melalui sosialisasi dan pemberian vaksinasi yang dilakukan baik kepada hewan peliharaan dan juga binatang liar lain.

"Sosialisasi terus digencarkan dan vaksinasi juga dengan target 5.000 hewan yang divaksin baik melalui program dinas dan instansi terkait maupun saat ada event seperti hari rabies sedunia ini," ucapnya.

Ditambahkan Putut, puncak peringatan Hari Rabies Sedunia yang digelar di Kantor Balai Veteriner Banjarbaru juga diisi vaksinasi yang diberikan kepada 600 hewan untuk mencegah penularan virus rabies.

Putut mengimbau pemilik hewan peliharaan rutin memeriksa hewan yang dipelihara baik pemeriksaan kesehatan maupun pemeriksaan terkait penyakit rabies sehingga tidak terjadi penularannya.

"Kami berharap sosialisasi yang digalakkan pemerintah mendapat dukungan masyarakat yang bersedia hewan peliharaannya divaksin agar bebas dari penyakit rabies termasuk penyakit lainnya," kata Putut.

Peringatan hari rabies sedunia dan bulan bakti peternakan dan kesehatan hewan 2023 diisi berbagai kegiatan diantaranya lomba mewarnai TK dan SD, vaksinasi rabies dan Bvet Cat Fun Show.***3***

Pewarta: Imam Hanafi/yoserizal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023