Tokyo--(ANTARA/Business Wire)-- ASEAN-Japan Centre (AJC) meluncurkan video peringatan 50 Tahun Persahabatan dan Kerjasama ASEAN-Jepang berjudul “Membuka Masa Depan Emas” pada tanggal 6 Oktober. Video ini diproduksi oleh AJC bersama para pemenang Golden Bridge Short Video Campaign, yang diselenggarakan oleh AJC di Instagram pada bulan Maret-Juni 2023. Dalam kampanye tersebut, para peserta berkumpul untuk membangun jembatan pemahaman dan persahabatan antara ASEAN dan Jepang dengan menampilkan keindahan dan hubungan dari hati ke hati di kawasan ini dalam format video sepanjang 15-30 detik. Kurang lebih 300 video dikirim dari seluruh Negara Anggota ASEAN dan Jepang, 29 video terpilih sebagai pemenang dan ditampilkan dalam video peringatan itu.
 
Sebelum peluncuran video peringatan ini, upacara penghargaan online untuk Golden Bridge Short Video Campaign diadakan pada tanggal 5 Oktober. Dihadiri oleh para pemenang kampanye dan panel juri kampanye, yaitu H.E. Masahiko Kiya, Duta Besar Jepang untuk ASEAN; H.E. Haji Shahbudin Haji Musa; Duta Besar Brunei Darussalam untuk Jepang (Ketua Komite ASEAN Tokyo, Jan-Jun 2023); Duta Kampanye dari seluruh AMS yang berlokasi di Jepang, dan creative agency Amana inc. yang merencanakan dan memproduksi kampanye ini bersama AJC.

Pada upacara tersebut, pemenang hadiah utama, Ms. Francine Besorio, menyampaikan kisah pribadinya di balik video “ASEAN-Japan: Jawaban saya untuk Senbazuru”. Besorio bercerita bagaimana Jepang menjadi “penghiburan” dan “sumber kebahagiaan” semasa mudanya, terutama berupa anime dan makanan. Dan bahwa video ini terinspirasi oleh kisah Sadako dan Seribu Burung Bangau Kertas (Senbazuru), yang dpelajarinya di Hiroshima Peace Memorial Museum. “Seandainya saya tahu, seharusnya saya mulai membuat bangau kertas pada tahun 2016 ketika perang dahsyat berkecamuk di kampung halaman saya, Marawi. Satu-satunya harapan saya saat itu hanyalah mendapatkan kedamaian dan bahwa masyarakat maupun keluarga saya dalam keadaan aman. Ternyata tanpa disadari, Jepang, negara favorit saya, akan menjadi jawabannya - Senbazuru untuk semua bantuan keuangan yang telah mereka berikan kepada Marawi bagi rehabilitasi dan pembangunan kembali Marawi,” kata Besorio. Dalam pesan ucapan selamat yang disampaikannya, H.E. Kiya merayakan kesuksesan penyelesaian kampanye tersebut dengan berkata bahwa ini merupakan “pertukaran kerja sama antar negara ASEAN” dan berharap dapat bekerja sama dengan para peserta selama 50 tahun mendatang dan seterusnya. H.E. Haji Shahbudin mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berkata, “20 tahun lagi ketika kita melihat ke belakang, saya rasa Anda semua akan merasa bangga menjadi bagian dari perayaan tahun ini.”

Video ini sudah tersedia di saluran YouTube milik ASEAN-Japan Centre di tautan: https://youtu.be/NLw4DYtLaXU.

Juga tersedia di situs web khusus 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation (aseanjapan50.jp) dan akun media sosial AJC lainnya.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53579882/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
ASEAN-Japan Centre
Tomoko Miyauchi

Sumber: The ASEAN-Japan Centre

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023