Ada pengalaman baru yang KCIC tawarkan di-whoosh experience program kali ini
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka whoosh experience program tahap kedua, yaitu perjalanan Kereta Cepat Whoosh secara gratis untuk periode 8-10 Oktober 2023.

Adapun, whoosh experience program tahap pertama berlangsung pada 3-7 Oktober 2023. KCIC mengklaim program tahap pertama berjalan sukses dan diikuti ribuan orang. Whoosh sendiri merupakan nama dari Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"Ada pengalaman baru yang KCIC tawarkan di-whoosh experience program kali ini. Masyarakat kini melakukan registrasi melalui website ticket.kcic.co.id dan akan mendapatkan QR Code," kata Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Untuk program tahap kedua tersebut, Eva menjelaskan bahwa sebelum memesan tiket, calon penumpang diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu.

"Dengan menggunakan website ticket.kcic.co.id penumpang dapat memilih rute satu arah maupun dua arah langsung, memilih tempat duduk serta pemesanan hingga lima penumpang," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk memudahkan penumpang saat check in, penumpang dapat langsung menunjukkan QR Code yang dikirimkan ke email setelah transaksi.

"Tidak perlu lagi repot-repot menukarkan kode booking ke loket. QR Code tersebut dapat langsung digunakan untuk boarding mulai 30 menit sebelum jadwal keberangkatan," ucap Eva.

Lebih lanjut, ia mengatakan selama masa whoosh experience program tersebut, calon penumpang masih tidak akan dikenakan biaya. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh sesuai aturan dan skema pelayanan ke depannya.

"KCIC melakukan beberapa perbaikan untuk periode ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan kehadiran website baru dan QR Code diharapkan masyarakat bisa dengan mudah mengakses Kereta Cepat Whoosh," tuturnya.

Pada whoosh experience program kali ini, KCIC menginformasikan terdapat delapan perjalanan Kereta Cepat Whoosh setiap harinya yang dapat dipilih oleh penumpang melalui website, yaitu Halim-Padalarang, Halim-Tegalluar, Padalarang-Halim, dan Tegalluar-Halim.

Selain itu, khusus untuk perjalanan dari dan ke Stasiun Padalarang, terdapat KA feeder kereta cepat yang dapat digunakan oleh penumpang secara cuma-cuma untuk menuju Stasiun Bandung.

KCIC pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mendaftar melalui jalur daring untuk lebih teliti dalam memasukkan alamat email, mengecek jadwal perjalanan yang dipesan, dan datang lebih awal karena boarding gate akan ditutup lima menit sebelum keberangkatan.

Adapun untuk whoosh experience program periode ketiga akan diselenggarakan pada 11-16 Oktober 2023 dan dibuka selambatnya pada 10 Oktober 2023.

"KCIC akan terus melakukan evaluasi selama masa promosi ini sehingga nantinya pelayanan dari Kereta Cepat Whoosh akan semakin baik dan dapat memudahkan masyarakat yang aktif dan membutuhkan kecepatan konektivitas," ujar Eva.

Baca juga: KCIC: Masyarakat dapat naik kereta cepat secara gratis mulai 3 Oktober
Baca juga: Jokowi sebut kereta cepat bukti ketidaktakutan belajar hal baru

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023