Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis Indonesia Chiara Marvella Handoyo berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan juara bertahan Tomoka Miyazaki asal Jepang pada ajang BWF World Junior Championships 2023 di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Jumat waktu setempat.

Lewat perjuangan sengit selama 80 menit, Chiara menang atas juara Kejuaraan Dunia Junior 2022 itu dengan skor 21-14, 18-21, 22-20. Kemenangan tersebut mengantarkan Chiara melaju ke babak semi final dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior BWF 2023.

Chiara sempat tertinggal 17-20, karena Miyazaki tampak mengendalikan permainan di gim ketiga.  Namun, permainan gigih Chiara membuat ketegangan melanda Miyazaki sehingga pemain asal Negeri Sakura itu membuat sejumlah kesalahan.

"Saya hanya berusaha yang terbaik saat dia (Mizayaki) memiliki poin untuk memenangi pertandingan tersebut, dan saya bermain dengan aman karena saya merasakan bahwa dia gugup," kata Chiara dilansir dari Badminton World Federation (BWF), Sabtu.

Chiara sebelumnya kalah dalam pertarungan tiga gim yang ketat melawan Miyazaki di Kejuaraan Asia Junior pada bulan Juli.

Atlet bulu tangkis yang lahir pada 14 Juni 2005 ini mengaku bahwa dirinya bisa mengalahkan Mizayaki yang merupakan Juara Dunia Junior pada musim 2022, dengan cara mengubah taktik pertandingan saat gim terakhir.

“Saya mencoba untuk tidak bermain di belakang, dan bermain dengan variasi pukulan yang lebih banyak dan lebih mendekat ke net. Pukulan atasnya sangat sulit diatasi,” katanya,

Dalam babak semi final, Chiara akan menghadapi Lin Ran Huang dari China, yang mengalahkan Gianna Stiglich dari Italia 21-16, 21-14 pada perempat final.

Indonesia juga memiliki wakil di babak semifinal tunggal putra, yakni Alwi Farhan yang  mengalahkan Wang Zi Jun dari China dengan skor 21-19, 21-18 dalam durasi 42 menit.

Di semifinal, Alwi akan bersua Ayush Shetty, pemain bukan unggulan asal India. Di pertemuan pertama pada semifinal Denmark Junior 2021, Alwi sempat dikalahkan Ayush lewat laga tiga gim, 21-16, 17-21, 21-23.

Selain itu, Indonesia juga memiliki perwakilan pada ganda campuran, Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai juga maju ke semifinal. Unggulan ke-12 itu sukses menggusur wakil Jepang, Kenta Matsukawa/Nao Yamakita dengan skor identik, 21-13, 21-13.

Di babak empat besar, Jojo/Elsa akan melawan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han asal China. Pemain asal Negeri Tirai Bambu ini pernah mengalahkan Jojo/Elsa di final beregu, dengan skor 21-19, 21-14.


Baca juga: Tiga wakil Garuda Muda lolos ke semi final kejuaraan dunia junior BWF
Baca juga: Lima wakil Garuda Muda lolos ke perempat final kejuaraan dunia BWF
Baca juga: Tim Para-bulu tangkis Indonesia berhasil raih enam gelar di Australia
Baca juga: Mulyo Handoyo ingatkan pentingnya berbenah demi bulu tangkis Indonesia

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023