Mudah-mudahan kalaupun dilakukan tingkat kewilayahan, saya pikir itu akan lebih baik
Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Provinsi Jawa Barat menggelar Shalat Istisqa bersama puluhan aparatur sipil negara (ASN) di halaman Plaza Balai Kota Bandung, untuk meminta hujan kepada Allah SWT setelah kemarau panjang melanda daerah itu.

"Kita memohon ampunan dan memohon ke Allah, musim kemarau sekarang cukup panjang dan kita merasakan banyak sekali penderitaan yang dirasakan," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna usai melaksanakan Sholat Istisqa di Bandung, Senin.

Dengan sholat berjamaah tersebut diharapkan doa turun hujan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga dapat menghentikan kekeringan akibat kemarau panjang.

"Terutama kami dari pemerintah harus lebih memperhatikan terhadap apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan masyarakat supaya bisa terpenuhi," katanya.

Ema mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan ikhtiar (usaha) dari Pemkot Bandung untuk meminta hujan. Sebab, kata dia Kota Bandung sudah kesulitan mendapat suplai air untuk minum maupun mandi karena kondisi air sumur dan PDAM sudah sangat minim.

“Bagaimana kita memanfaatkan air hujan untuk memberikan daya dukung tambahan untuk kebutuhan air minum yang menjadi kebutuhan kita semua,” katanya.

Dia juga mengajak seluruh warga Muslim di daerahnya untuk bersama-sama melaksanakan Shalat Istisqa dalam rangka ikhtiar meminta hujan.

“Mudah-mudahan kalaupun dilakukan tingkat kewilayahan, saya pikir itu akan lebih baik, namanya juga ikhtiar, dan usaha itu adalah kewajiban kita,” katanya.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023