Jayapura (ANTARA) - Sekitar 3.000 personel gabungan TNI-Polri dan pemda disiagakan untuk mengamankan kunjungan kerja(kanker) Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin di wilayah Korem 172/PWY(Praja Wira Yakthi), Papua.
​​​​​ 
Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono di Jayapura, Senin mengatakan, ribuan personel itu saat ini sudah ditempatkan di posisi yang sudah ditetapkan yakni di tiga kabupaten dan kota di Provinsi Papua dan Papua Pegunungan.

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin yang dijadwalkan tiba malam (9/10) dan dijadwalkan pada Selasa (10/10) melakukan sejumlah kegiatan yang sudah diagendakan baik itu di Kota Jayapura maupun Kabupaten Jayapura.

Kemudian Rabu (11/10), Wapres dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Setelah dari Wamena, Wapres melanjutkan kunjungan ke Merauke, Provinsi Papua Selatan, kata Brigjen TNI Dedi.

Diakui, untuk pengamanan di Kabupaten dan Kota Jayapura disiagakan 1.810 personel termasuk bantuan dari personel pemerintah daerah.

Gelar pasukan sudah dilaksanakan Minggu (8/10) dan saat ini personel sudah disiagakan di berbagai lokasi yang sudah ditentukan.

Ketika ditanya tentang situasi keamanan di wilayah Korem 172/PWY yang akan dikunjungi Wapres, Danrem Brigjen TNI Dedi mengaku, situasi keamanan baik di wilayah Papua maupun Papua Pegunungan hingga kini relatif aman terkendali.

"Tidak ada hal-hal yang menonjol di wilayah kedua provinsi yang masuk di jajaran Korem 172/PWY," tegas Brigjen TNI Dedi Hardono.
Baca juga: Danrem 172/PWY: Dua batalyon amankan perbatasan RI-PNG
Baca juga: Wapres kunjungi tiga provinsi di Papua
Baca juga: Ma'ruf Amin siap berkantor di Papua hingga Jumat

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023