Kunming (ANTARA) - Sebuah layanan kereta barang antara Shanghai dan Vientiane, ibu kota Laos, diluncurkan pada Minggu (8/10), melansir warta Xinhua pada Senin.

Sebuah kereta bermuatan kargo berupa buah-buahan dan karet dari Asia Tenggara berangkat dari Stasiun Barat Wangjiaying di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, China barat daya, pada Minggu pagi waktu setempat, menandai diresmikannya layanan tersebut.

Kereta itu diperkirakan akan menghabiskan waktu 82 jam untuk mencapai Shanghai, menurut kantor informasi pemerintah Kota Kunming.

Layanan kereta tersebut, yang menghubungkan Jalur Kereta China-Laos dan Jalur Kereta Shanghai-Kunming, akan dioperasikan secara dua arah.

Jalur Kereta China-Laos merupakan proyek penting di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

Sejak awal pengoperasiannya pada Desember 2021, kereta yang menggunakan jalur tersebut telah mengirimkan sekitar 27 juta ton kargo ke berbagai negara tujuan termasuk Laos, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

Menurut data, hingga 25 daerah setingkat provinsi di China telah meluncurkan layanan kereta barang lintas perbatasan di sepanjang jalur kereta itu, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023