Denpasar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara menerjunkan tim yang bertugas di fasilitas unit pelayanan intensif (Intensive Care Unit/ICU) mini dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum 2023.

"Kami bertugas menyiapkan mini ICU saat kedatangan para kepala negara di Bandara Ngurah Rai, lengkap dengan dokter spesialis, ambulans dan peralatan medisnya," kata Direktur Utama RSUD Bali Mandara dr Ketut Suarjaya MPPM di Denpasar, Senin.

Menurut Suarjaya, tim kesehatan dari rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Bali itu bersiaga di ruang VVIP bandara saat kedatangan kepala negara peserta KTT Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (KTT AIS) 2023.

Selain disiagakan ambulans, di bandara juga disiapkan ruang ICU mini lengkap dengan peralatan medis dan obat serta diperkuat dengan dokter spesialis jantung, spesialis anestesi, dan perawat yang terlatih.

Baca juga: 21 delegasi AIS Forum tiba di Bali

Baca juga: Polri gunakan "body worn camera" pantau keamanan KTT AIS Forum 2023


"Tidak hanya pada KTT AIS saja, kami memang kerap dilibatkan dalam berbagai kegiatan internasional, termasuk saat KTT G20," ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali itu.

Suarjaya menambahkan RSUD Bali Mandara juga menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi delegasi KTT AIS Forum ketika mengalami masalah kesehatan.

"Kami sudah siapkan lima ruang rawat inap VVIP. Kecuali ada hal tertentu, kami bisa menambah lagi ruang VVIP," ucapnya.

Seperti rumah sakit pada umumnya, RSUD Bali Mandara tetap siaga tidak hanya untuk kepentingan KTT AIS Forum. Bedanya, untuk ajang KTT AIS Forum ini, dokter spesialis juga turut disiagakan 24 jam.

"Kami siaga terus karena sebagai rumah sakit tentu harus selalu standby (siaga) sesuai dengan fasilitas yang kami miliki," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom di Denpasar menyampaikan sejumlah fasilitas kesehatan telah disiapkan dalam rangkaian KTT AIS Forum 2023 yang meliputi layanan ICU mini dan rumah sakit rujukan.

"Ini sudah ada arahan dari Kementerian Kesehatan, protapnya sama dengan saat KTT G20. Jadi kami sudah terbiasa dan kami bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit," katanya.

Menurut dia, ICU mini disiapkan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, hotel tempat pemimpin delegasi dan peserta VVIP menginap, tempat pelaksanaan konferensi, serta lokasi-lokasi yang dijadwalkan dikunjungi oleh peserta konferensi.*

Baca juga: Sebanyak 29 negara hadiri KTT AIS Forum di Bali

Baca juga: AIS Forum lahirkan riset inovatif awasi mangrove dan kondisi laut

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023