Bagaimanapun kesejahteraan prajurit itu harus terus ditingkatkan, ....
Jakarta (ANTARA) - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono memandang perlu terus meningkatkan kesejahteraan para prajurit dan pensiunan TNI, mengingat tugas dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI bukanlah hal mudah.

"Bagaimanapun kesejahteraan prajurit itu harus terus ditingkatkan, termasuk penghasilan para prajurit, purnawirawan, veteran, dan warakawuri," kata SBY dalam sambutannya pada acara gala dinner Dirgahayu TNI 05 Oktober 1946–05 Oktober 2023 di halaman Gedung Kemenhan, Jakarta, Senin (9/10) malam.

Pada saat postur, kekuatan, kapabilitas, dan kesiagaan para prajurit TNI makin tinggi, kata SBY, kesejahteraan TNI sebagai komponen utama sistem pertahanan negara juga harus ditingkatkan.

"Saya yakin sebagaimana yang sering disampaikan oleh Jenderal Prabowo, yang juga memiliki kepedulian tentang ini, maka dua sasaran utama (kekuatan dan kesejahteraan TNI) kita insyaallah bisa diwujudkan," kata SBY.

Dalam kesempatan tersebut, SBY juga mengapresiasi tagline pada perayaan HUT Ke-78 TNI yang mengangkat tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Menurut dia, tema tersebut sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Keinginan rakyat Indonesia dapat menikmati demokrasi yang aman dan berkeadilan.

"Kami mendoakan itu semua bisa diwujudkan dan dijalankan sehingga rakyat tahu bahwa TNI yang dicintainya memberikan andil dan kontribusi untuk kehidupan bangsa dan negara yang makin teduh, makin damai, makin rukun, makin demokratis, makin adil, dan makin sejahtera," ujar SBY.

SBY merupakan tokoh senior TNI yang turut hadir dalam gala dinner dan upacara Parade Senja di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin malam, sebagai rangkaian dari acara perayaan HUT Ke-78 TNI.

Selain itu, turut hadir tokoh senior TNI lainnya seperti Try Sutrisno, Wiranto, dan Agum Gumelar, serta diikuti juga oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara Parade Senja 2023.

Baca juga: SBY sebut postur pertahanan RI makin kokoh
Baca juga: SBY nilai TNI semakin kuat dan modern


Pewarta: Cahya Sari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023