Tiga perusahaan dari Korea Selatan itu akan membantu pembiayaan sebesar satu miliar dolar AS
Jakarta (ANTARA) - Maju Tani Nusantara menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan Korea Selatan dalam upaya menjawab tantangan ketahanan pangan global dengan menghadirkan perubahan besar sektor pertanian di Indonesia.

"Kami sangat bersemangat tentang kolaborasi ini," kata Pendiri Maju Tani Nusantara Sofia Koswara dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Tiga perusahaan Korsel tersebut adalah Huang Hai New Energy, Reelcause R&D dan Boseong Powertech Co, Ltd.

Dikatakan, investasi besar dari kedua mitra strategis perusahaan dari Korea Selatan dan Qatar, baik berupa dana maupun teknologi canggih ke pertanian Indonesia akan membantu mencapai ketahanan pangan dan kesejahteraan pelaku pertanian,

"Ini adalah langkah besar menuju masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik dalam waktu yang sangat cepat," jelas Sofia.

Bapak Maju Tani Nusantara Moeldoko menilai kerja sama ini adalah tonggak penting dalam perjalanan Maju Tani melakukan terobosan pertanian digital lebih yang efisien dan berkelanjutan.

Dia menambahkan tiga perusahaan dari Korea Selatan itu akan membantu pembiayaan sebesar satu miliar dolar AS dan juga teknologi pertanian canggih di dunia yang diharapkan bisa memberikan perubahan besar dalam dunia pertanian di Indonesia.

"Korea Selatan, yang dalam berbagai kesempatan selalu berterima kasih kepada Indonesia karena bantuan yang diberikan saat masih menjadi negara miskin, kini hendak berbalas budi," katanya.

Korea Selatan yakin Indonesia akan menjadi negara ke-4 terbesar secara ekonomi pada 2040 dan Korea Selatan hendak berkontribusi dengan membangun 326 net zero energy smart city dengan komitmen bantuan tahap pertama sebesar satu miliar dolar AS.

Dikatakan, salah satu hal paling penting dari kerjasama ini adalah konsep Zero Energy Smart City dan Smart Farming.

Dengan bantuan inovasi teknologi terbaru yang akan diperkenalkan tiga perusahaan Korea Selatan ini, dapat meningkatkan hasil pertanian lebih dari 80 kali lipat dibandingkan dengan metode tradisional.

Maju Tani Nusantara adalah sebuah inisiatif yang digagas untuk mempromosikan pertanian modern dan ketahanan pangan di Indonesia. Gerakan ini telah berhasil menjalin kemitraan strategis dengan beberapa negara.

Setelah beberapa waktu lalu berhasil menjalin kerja sama dengan Qatar, kali ini Korea Selatan yang tertarik untuk bekerja sama dengan membawa pembiayaan dan teknologi pertanian paling canggih.

Baca juga: Gerakan Maju Tani akan cetak 10 juta petani digital 
Baca juga: Gerakan Maju Tani paparkan konsep generasi muda agar jadi petani
Baca juga: Moeldoko cermati geliat pertanian generasi milenial

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023