Dubai (ANTARA) - Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei menegaskan bahwa Teheran tidak terlibat dalam serangan Hamas terhadap Israel pada akhir pekan lalu, tetapi memuji apa yang disebutnya sebagai kekalahan militer dan intelijen Israel yang tak terhapuskan.

Dalam pidato pertama via televisi sejak serangan itu, Khamenei mengatakan "kami mencium tangan-tangan mereka yang merencanakan serangan terhadap rezim Zionis ini".

"Gempa bumi yang destruktif ini telah menghancurkan bangunan-bangunan penting (di Israel) yang tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Aksi rezim Zionis sendiri yang harus disalahkan atas malapetaka ini," kata Khamenei.

Iran sejak lama mendukung kelompok Hamas, yang menguasai Jalur Gaza dan menolak eksistensi Israel.

Sebelumnya pada Selasa, Israel menyatakan sudah mengendalikan kembali perbatasan Gaza dan menanam ranjau di tempat-tempat yang dirobohkan para militan selama serangan berdarah akhir pekan lalu, setelah Israel kembali melancarkan serangan udara malam hari tadi yang tiada henti di Gaza.

Sehari sebelumnya Amerika Serikat mengatakan Iran terlibat dalam serangan Hamas ke Israel, meskipun mereka mengaku tidak memiliki informasi intelijen atau bukti yang menunjukkan Iran terlibat langsung dalam serangan itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Misi Iran di PBB sebut Teheran tidak terlibat dalam serangan Hamas
Baca juga: Israel salahkan Iran atas serangan Hamas
Baca juga: Iran kecam keputusan Inggris soal Hamas

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023