Hadirnya pengusaha sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat....
Jayapura (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengatakan pengusaha merupakan mitra dari pemerintah dalam membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hadirnya pengusaha sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk itu kami berkunjung ke Papua untuk mendengar langsung keluhan yang mereka hadapi," kata Wapres, setelah pertemuan bersama pengusaha di Papua, di Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Selasa.

Menurut Ma'ruf, dalam kunjungan ke Papua pihaknya mendengarkan usulan dari berbagai tokoh agama dan pegiat hak asasi manusia (HAM), sehingga ke depan ada upaya yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di daerah itu.

"Tadi kami sudah melakukan pertemuan dengan pegiat HAM untuk membahas masalah keamanan yang terjadi di Papua untuk selanjutnya langkah apa yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk mengatasinya," ujar Wapres lagi.

Dia menjelaskan pihaknya juga melaksanakan rapat koordinasi terkait percepatan sarana dan prasarana terutama pada empat daerah otonomi baru (DOB) dan juga membahas masalah yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

"Dan juga dalam rangka untuk mengefektifkan roda pemerintahan melalui pengangkatan tenaga guru tamatan SMA dengan syarat tertentu dan meningkatkan kualitas pendidikan," katanya lagi.

Wapres menambahkan pihaknya berharap setelah dilakukan pertemuan bersama tokoh agama, pegiat HAM dan juga penjabat gubernur di DOB, masalah di Papua bisa teratasi dengan baik.

"Sehingga jika ke depan ada kesulitan, maka kami secara bersama-sama mencari solusinya," ujar Wapres pula.
Baca juga: Asosiasi pengusaha Papua sampaikan aspirasi kepada Wapres
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tiba di Jayapura

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023