Hadirnya sekolah lansia hebat adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk mengayomi para lansia agar tetap sehat dan produktif
Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, melakukan wisuda terhadap 40 orang peserta sekolah lansia hebat di Pendopo Pengabdian Kota Magelang.

Sekda Kota Magelang Hamzah Kholifi di Magelang, Selasa, menyampaikan apresiasi tinggi kepada para lansia yang telah menunjukkan komitmennya untuk belajar di sekolah lansia hebat.

Baca juga: BKKBN optimalkan program BKL di Jawa Tengah wujudkan lansia tangguh

Sekolah ini merupakan kegiatan swakelola dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang.

Wisuda kali ini merupakan peserta Sekolah Lansia Hebat Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, yang telah dilaksanakan sejak 15 Juni-1 September 2023. Penghargaan tanda wisuda diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Hamzah Kholifi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz.

Di Kota Magelang, pada akhir tahun 2022 terdapat 18.760 penduduk berusia di atas 60 tahun. Jumlah tersebut menempati proporsi 15,41 persen dari keseluruhan populasi penduduk di Kota Magelang.

"Hadirnya sekolah lansia hebat adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk mengayomi para lansia agar tetap sehat dan produktif. Kesediaan para lansia untuk kembali terlibat dalam aktivitas belajar, adalah inspirasi bahwa umur tidak menjadi batasan atau penghalang untuk mempelajari hal-hal baru," katanya.

Sekolah lansia hebat juga mengingatkan tentang hakikat awal dari "sekolah". Sekolah bukanlah semata menunjuk pada institusi formal yang menawarkan gelar akademis. Sebagaimana diwasiatkan Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara, sejatinya "setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah".

Baca juga: BKKBN: Sekolah lansia bentuk persiapan RI hadapi penuaan penduduk

Kepala DP4KB Kota Magelang Nasrodin menjelaskan sekolah lansia digelar dengan tujuan untuk mewujudkan lansia hebat, bahagia, produktif, mandiri dan sejahtera. Sekolah ini telah diikuti sebanyak 40 siswa lansia dengan dibantu oleh 5 orang pengurus.

"Wisuda sekolah lansia hebat ini ada rasa bahagia dan haru. Bahagia karena para lansia ini bisa bersosialisasi, bertemu, beraktivitas bersama dengan lansia lainnya, sehingga bisa menjamin kesehatan mental dan emosional," terangnya.

Wisuda kali ini merupakan wisuda periode kedua. Sebelumnya pada periode pertama diselenggarakan di Kelurahan Jurangombo Selatan. Materi sekolah meliputi kesehatan lansia, pelatihan keterampilan, permainan, gizi lansia, keagamaan dan spiritual. Materi disampaikan dan dikemas dengan menyenangkan sesuai dengan kemampuan.

"Sama halnya sekolah, di sekolah lansia ini juga ada kepala sekolah, wali kelas, sekretaris kelas dan bendahara. Mereka belajar sepekan dua kali, yakni setiap Rabu dan Jumat pukul 15.00-17.00 WIB. Pematerinya dari Dinas Kesehatan, DP4KB, PKK dan lainnya," katanya.

Kepala Sekolah Lansia Hebat Hindriyati mengungkapkan rasa terima kasih dan bahagia karena para lansia mendapatkan materi-materi yang luar biasa, sabar dan telaten sehingga mudah dicerna. Materi-materi itu diantaranya tentang kesehatan, perilaku dan sebagainya.

"Semoga dengan hadirnya sekolah lansia hebat ini menjadikan lansia di Kelurahan Kedungsari dan sekitarnya, dan di seluruh Kota Magelang ikut bersemangat," katanya. 

Baca juga: BKKBN dirikan sekolah lansia dorong lansia lebih produktif di Ternate

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023