Riyadh (ANTARA) - Federasi Sepak Bola Arab Saudi (Saudi Arabian Football Federation/SAFF) pada Senin (9/10) menyerahkan surat pernyataan kehendak (letter of intent/LOI) dan menandatangani deklarasi kepada FIFA untuk mengajukan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Laporan Kantor Berita Arab Saudi (Saudi Press Agency/SPA) menyebutkan bahwa Arab Saudi pertama kali mengumumkan niatnya mengikuti proses bidding sebagai tuan rumah turnamen sepak bola antarnegara itu untuk edisi 2034 pada Rabu (4/10).

SPA juga menyebutkan bahwa LOI yang ditandatangani Presiden SAFF Yasser Al Misehal tersebut secara resmi mengukuhkan komitmen negara kerajaan itu untuk mengikuti proses bidding yang ditetapkan oleh FIFA.

SAFF mengatakan bahwa niat Arab Saudi mengikuti bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 adalah langkah pertama yang bersejarah dan mencerminkan tujuan negara itu untuk meraih berbagai peluang sepak bola baru di semua level. Selain itu menunjukkan komitmen mendukung perkembangan sepak bola di seluruh penjuru dunia.

Al Misehal mengatakan penyerahan LOI ini merupakan langkah kedua dalam perjalanan besar yang sedang dijalani oleh negara itu.

Arab Saudi telah menjadi tuan rumah dalam lebih dari 50 ajang internasional, termasuk sepak bola, otomotif, tenis, berkuda, esports, dan golf sejak 2018.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023