Model pertanian dan perkebunan seperti ini dapat mendorong ekonomi warga dari sisi wisata juga.
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mendukung pengembangan potensi agro eduwisata kebun melon Made Fresh di Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara yang berawal hanya perkebunan, kini memfasilitasi pengunjung dan pembeli memetik langsung dari pohonnya.

Sekretaris Daerah Kota Bogor Syarifah Sofiah, di Kota Bogor, Selasa, mengatakan keberadaan Made Fresh bukan hanya menjadi model pertanian kekinian, tapi juga mendatangkan kunjungan wisata yang bisa menjadi agro eduwisata bagi masyarakat.

"Pengembangan wisata ini menarik, model pertanian dan perkebunan seperti ini dapat mendorong ekonomi warga dari sisi wisata juga," kata Syarifah.

Kota Bogor, kata dia lagi, memiliki berbagai macam potensi untuk mendatangkan wisatawan, dari dalam kota maupun dari luar daerah. Di antaranya adalah potensi perkebunan melon Made Fresh di Jalan Paving, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor di seberang GOR Mini Bogor Utara.

Syarifah menyampaikan, di Made Fresh, pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi memetik buah melon dalam perkebunan langsung dari pohonnya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi tentang jenis-jenis melon dan proses penanaman hingga perawatan sampai masuk pada masa panen.

"Jadi ini pertanian yang intensif, pertanian menggunakan green house lahan yang digunakannya optimal, baik luasan dan tingginya. Sistemnya menggunakan hidroponik, sehingga hasil yang dihasilkannya lebih banyak daripada ditanam secara konvensional di lahan terbuka," kata dia lagi.

Syarifah menuturkan, hasil kunjungan wisata ke kebun melon di Cimahpar pada Senin (9/10), melihat proses mulai pembenihan, penyemaian sampai proses tanam hingga panen ini dilakukan secara baik, perawatannya pun menggunakan teknik tertentu sehingga kualitas buahnya baik.

Ia pun membeli beberapa buah melon dengan menanamnya sendiri dan mencoba buah yang langsung dipetik dari pohonnya.

Pengelola Made Fresh, Anni Nuraini mengatakan, Made Fresh ini berdiri sekitar tahun 2020 yang diawali dengan membangun satu buah green house berukuran kurang lebih 600 meter.

"Setelah berjalan kemudian bertambah satu green house lagi. Jadi kami memiliki dua green house yang sekarang diisi sekitar 2.100 pohon melon dari jenis melon, yakni Hamigua, Rangipo, Golden Emerald," katanya pula.
Baca juga: Agro Eduwisata Cibubur siapkan 5.000 bibit alpukat Cipedak
Baca juga: Pemprov DKI kelola 33 lokasi guna tingkatkan agroeduwisata


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023